Girls, Ayo Belajar Menulis!

Bundakata - Rasanya aneh ya ketika bunda memposting 'Girls, Ayo Belajar Menulis!' kan kita semua yang sudah dewasa ini (ceileee ...) sudah terbiasa menulis dan membaca jadi ya enggak perlu belajar menulis lagi. Sudah jago kaleee ...

Eh, begini maksudnya, Bunda mengajak semua teman dan pembaca blog ini untuk belajar menulis artikel. Membuat artikel getoo loh! Jadi ya kembangkan kemampuan tulis menulis yang sudah dikuasai sejak jaman doeloe dengan membuat sesuatu. Pokoknya yang 'sesuatu' banget itu bisa apa aja seperti menulis puisi, menulis cerpen, menulis artikel ilmiah dan lain-lain. Konon, dengan menuliskan sesuatu dan membiarkan orang lain ikut membaca tulisan kita maka kita sedikit berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Jadi ya menulis yang baik-baik dan memberi manfaat buat orang lain, Insya Allah ada pahalanya. Bunda berpegangan pada isi sebuah hadist Nabi yaitu "Sampaikan walau satu ayat."

Bagaimana cara menulis yang baik dan benar?
Terus terang ... terang terus ... eh, kok kayak iklan aja ya? Hehehe. Begini, teruslah menulis, menulis dan menulis. Artinya ya belajar dan berlatih secara rutin maka suatu saat kita akan menemukan cara menulis yang (mungkin) baik dan benar sesuai dengan jiwa dan pribadi kita. Hasil tulisan Bunda ya seperti ini. Soal baik dan benar itu penting dan tidak penting. Bunda lebih berpikir bagaimana cara agar bunda bisa menyampaikan uneg-uneg sehingga bisa dimengerti oleh pembaca. Itu saja sudah cukup membahagiakan karena pesan kita sampai ke tujuan.

Darimana mendapatkan inspirasi dan tema tulisan?
Dari mana-mana. Mungkin kita bisa menuliskan pengalaman pribadi, pengalaman orang lain atau mengedit berita dari media cetak, media elektronik dan media online. Jadi ya sumber inspirasi itu buanyaaaaakkk banget. Kita bisa memilah dan memilih mana yang akan kita tuliskan dalam versi kita.

Apa tujuan belajar menulis?
Tujuan akhirnya ya 'up to you' alias terserah anda. Jika sudah jago menulis mungkin saja anda bisa mendapatkan uang dengan menjual tulisan anda ke penerbit dan menjadi (misalnya) penulis pop remaja yang menghasilkan karya cerpen, novel atau puisi. Tujuan bunda sih buat asyik-asyik aja. Menulis itu indah karena bunda bisa sedikit berbagi.

Sampai kapan kita tetap menulis?
Ya ini 'up to you' juga. Sampai akhir masa aja deh ...

Bagaimana girls? Apakah mau belajar menulis bersama bunda? Ikuti terus blog Bundakata ini ya ...

0 Response to "Girls, Ayo Belajar Menulis!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.