Cara Memilih Asuransi Mobil

Bundakata - Jumlah kendaraan bermotor semakin banyak. Hal ini membuat lalu lintas semakin padat yang kurang diimbangi dengan displin berlalu-lintas sehingga sering terjadi musibah ringan (misalnya terbentur, tergores, pecongkelan kaca spion) dan kecelakaan yang mengenai mobil anda di jalan raya. Kriminalitas, Pencurian kendaraan bermotor bahkan perampokan juga semakin meningkat. Maka, asuransi mobil adalah salan satu jalan yang bisa membantu anda mengatasi semua masalah tersebut.

Ada gula ada semut. Hal ini juga yang berlaku pada industri Asuransi khususnya yang men-cover mobil dan kerugian. Kadang konsumen merasa bingung dengan berbagai penawaran asuransi mobil yang ada di Indonesia. Bagaimana cara memilih Asuransi Mobil yang tepat? Tips Cara Memiliih Asuransi Mobil adalah :

1. Quality :
Pastikan perusahaan asuransi mempunyai brand name yang bagus dan diakui. Biasanya ada beberapa penghargaan yang diberikan oleh perusahaan pemeringkat independent yang akan memberikan sertifikasi dan predikat seperti Indonesian Best Brand Award, Best General Insurance, Indonsian Customer Satisfaction Award dan lain-lain kepada perusahaan asuransi. Hal ini jelas menunjukan bahwa perusahaan asuransi tersebut handal, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim nasabahnya.

2. Biaya Own Risk (Resiko Sendiri):
Ada perusahaan asuransi mobil menerapkan sistem claim dengan pembayaran biaya OR (Own Risk) atau resiko sendirinya yang rata-rata Rp.100.000.- s/d Rp.250.000.- dan dihitung berdasarkan per kejadian, per benturan, dan sebagainya. Proses ini bisa merepotkan konsumen yang tentu saja mempunyai banyak kesibukan karena harus sabar dan bolak-balik ke bengkel asuransi.

Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi mobil yang dapat menerima 1 (satu) kali claim saja tapi kumpulan dari beberapa kejadian yang berbeda-beda, sehingga cukup 1 kali claim ke bengkel asuransi maka body mobil kembali mulus kembali karena dikerjakan oleh bengkel terpercaya atau bengkel resmi (authorized). Hemat dan efesien.

3. Proses Klaim :
Proses klaim yang cepat dan tepat harus menjadi pilihan utama. Segera tinggalkan perusahaan asuransi mobil yang memberikan proses claim berbelit, proses kerja lama apalagi sampai harus berdebat dulu dengan surveyor.

4. Hasil Kerja :
Hasil kerja! Jangan tergoda dengan penawaran asuransi mobil dengan rate murah meriah tetapi hasil kerja bengkel terlihat murahan, tidak bermutu dan tidak memuaskan pelanggan. Pilihlah perusahaan asuransi dengan bengkel rekanannya yang terpercaya dan resmi (authorized). Ingat kendaraan anda adalah asset yang berharga sehingga harga purna jual masih bisa menguntungkan anda.

5. Spare Parts (Suku Cadang):
Ketersediaan Spare parts adalah bagian yang terpenting di mobil anda, pastikan pihak asuransi akan menjamin spare part yang dipakai asli dan bergaransi. Hal ini demi keamanan dan kenyaman anda dalam berkendara.

6. Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) serta PA (Personal Accident):
Fitur ini semestinya dicermati baik-baik karena saat kejadian kecelakaan tabrakan contoh menabrak motor kadang - kadang pihak ke-3 malah jauh lebih berat kerusakannya dari kita. Disini peran fitur ini dipelukan, sebaiknya pilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar sehingga anda tidak tebebebani biaya extra. Begitu juga dengan fitur perlindungan kecelakaan diri pengemudi/penumpang hal ini juga sangat dibutuhkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk dengan fitur ini.

7. Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam:
Pilih perusahaan asuransi mobil yang bisa diandalkan dan memberikan pelayanan perlindungan 24 jam, no telpon pelayanan mudah dihubungi, area perlindungannya luas se-Indonesia. Fitur ini perlu dipertimbangkan bagi anda yang senang bepergian jauh (touring).

8. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion - Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara & Banjir ) :
Pilih asuransi yang memberikan fitur Risiko akibat gangguan ketertiban umum, dan resiko terhadap kejadian alam. Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku agar anda tidak merasa rugi.

9. Fleksibel Dalam Pembayaran:
Pilih asuransi mobil yang pembayaran preminya flexibel, dapat dilakukan dengan cash, transfer, atau kartu kredit (Visa / Mastercard). Hal ini mungkin membantu manajemen keuangan anda.

Itulah beberapa tips cara memilih Asuransi mobil dari pengalaman sendiri semoga bermanfaat bila anda membutuhkannya.
*dari berbagai sumber

0 Response to "Cara Memilih Asuransi Mobil"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.