Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2012

Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB)adalah festival budaya tertua di Papua yang digelar sejak tahun 1991 dan banyak mendapat perhatian dari wisatawan lokal dan mancanegara. FBLB menjadi event tahunan cerminan kepedulian masyarakat Papua akan kelestarian tradisi dan budayanya.


Festival Lembah Baliem (guardian.co.uk)
Festival Budaya Lembah Baliem terkenal di dunia internasional sehingga beberapa agen perjalanan wisata di Eropa sering menjual festival ini sebagai itinerary. Salah satu daya tarik yang ditawarkan dalam festival ini adalah wisatawan bisa ikut berinteraksi langsung dengan masyarakat Papua dan mengikuti atraksi lempar tombak serta memanah. Beberapa Wisatawan Mancanegara merasa senang saat mendapat kesempatan memakai koteka yang sudah disediakan panitia. Trekking di Pegunungan Jayawijaya yang dilakukan sebelum atau sesudah festival adalah pilihan menarik lain yang tersedia bagi para turis yang berkunjung.

Kini, di tahun 2012, Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) sudah berlangsung selama 23 tahun. Pemkab Jayawijaya siap mengucurkan dana sampai Rp 2,5 M untuk mensukseskan event tahunan yang berlangsung selama 4 hari tersebut.
Seorang turis dan FBLB (pemudabaptis.blogspot.com)
Menurut rencana, FBLB 2012 akan digelar 8-11 Agustus 2012 di Desa Wosi, Distrik Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Festival budaya ini akan melibatkan 40 distrik berbeda di Kabupaten Jayawijaya.

Beberapa pertunjukan budaya yang akan diadakan adalah Tari perang, tradisi bakar batu, karapan babi, hingga lomba memanah untuk para turis.

Dalam FBLB 2012 ini Wisatawan akan dimanjakan dengan beragam pertunjukan budaya, menikmati makanan khas Papua, serta melihat rumah adat Honai yang unik.

0 Response to "Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2012"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.