SMS Lebaran Idul Fitri

Bunda Kata - Saat ini, Ponsel sudah menjadi barang konsumsi umum dengan model, type dan harga bervariasi. Konsumen membeli ponsel disesuaikan dengan tingkat kebutuhan maupun sebagai lifestyle mengikuti perkembangan teknologi yang biasa terdapat dalam jenis hp terbaru. Serbuan hp China yang menawarkan harga murah dan fasilitas bagus membuat penyebaran hp semakin meluas dan terjangkau berbagai kalangan.

Layanan SMS (short message service) menjadi sarana alat komunikasi yang penting untuk berkirim kabar berita lewat tulisan. Pengiriman SMS di Indonesia terbukti masih menempati traffic lebih tinggi dibandingkan BlackBerry Messenger (BBM). Data 2011, Tercatat ada pengiriman 864 juta SMS per hari.

Biasanya menjelang saat tertentu, misalnya Lebaran Idul Fitri akan terjadi lonjakan trafik SMS baik sesama maupun lintas operator karena masyarakat ingin berkirim ucapan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri' kepada sanak saudara, teman dan relasi bisnisnya. Maka, seringkali kita mendapatkan SMS susah terkirim karena lalulintas server yang padat di waktu Lebaran.

Mengutip dari Republika, Trafik SMS mulai meningkat pada tanggal 29 Agustus (924 juta), H-1 lebaran tanggal 30 Agustus (1,2 miliar), lalu Hari H lebaran tanggal 31 Agustus (967 juta). Trafik tertinggi terjadi pada wilayah Jabodetabek, di mana trafik SMS mencapai 453 juta SMS atau 38% dari total trafik SMS lebaran 2011, disusul Sumatera bagian utara 97 juta (8%), serta wilayah Sulawesi-Maluku-Papua 84 juta (7%). (sumber: http://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/11/09/07/lr5n5i-telkomsel-layani-trafik-sms-tertinggi-selama-lebaran)

Jika melihat data diatas, diprediksi bahwa SMS Lebaran Idul Fitri 2012 (1433H) akan jauh lebih tinggi karena saat ini penetrasi dan penjualan HP terus mengalami peningkatan.

Peran Social Media seperti Facebook dan Twitter mungkin bisa menjadi alternatif menyampaikan pesan singkat bersilaturahmi dengan keluarga dan relasi tetapi tidak bisa menggeser posisi SMS dalam kehidupan masyarakat (khususnya) Indonesia. Harus disadari bahwa tingkat masyarakat yang melek Internet masih terbatas oleh tingkat pendidikan, status pekerjaan dan lokasi domisili yang mayoritas ada di kota besar belum mampu menjangkau pelosok desa.

Marhaban ya Ramadhan ... Selamat datang bulan puasa Ramadhan yang suci dan indah.

0 Response to "SMS Lebaran Idul Fitri"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.