Tiket Kereta Mudik Lebaran

Bundakata - Mudik lebaran adalah salah satu tradisi Indonesia dimana para perantauan akan pulang berbondong-bondong ke kampung halamannya. Perantauan ingin bertemu kangen dan bersilaturahmi dengan orang tua dan saudaranya. Mudik lebaran adalah moment yang selalu ditunggu dan biasanya menggunakan waktu cuti bersama yang memang disediakan oleh instansi pemerintah dan perusahaan swasta tempatnya bekerja.

Biasanya saat mudik lebaran selalu ramai dan membuat arus lalu lintas menjadi macet karena ribuan kendaraan menumpuk di jalan. Tiket angkutan umum menjadi target buruan pemudik yang tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke daerah asalnya.

Selain bus, salah satu alat transportasi umum yang banyak digunakan pemudik Lebaran adalah kereta api. Tiket Kereta Mudik Lebaran murah sudah dipesan dari jauh-jauh hari sebelum lebaran. Mengutip dari detikcom, tiket KA untuk H-4 dan H-3 (tanggal 16 dan 17 Agustus 2012) sudah habis dibeli pemudik lebaran. Tanggal ini diprediksi ekan menjadi puncak arus mudik karena Lebaran akan jatuh tanggal 19-20 Agustus.

Tiket Kereta Api yang sudah habis terjual adalah tiket KA kelas eksekutif dan bisnis tetapi tiket KA ekonomi masih utuh. Hal ini karena aturan penjualan tiket KA menyebutkan bahwa Tiket eksekutif dijual 90 hari sebelum hari keberangkatan sedangkan tiket ekonomi 7 hari sebelum keberangkatan.

Beberapa pemudik memajukan jadwalnya dengan membeli diskon tiket KA tanggal 14 dan 15 Agustus yang masih tersedia.

Sekedar Info :

Saat ini PT KAI sedang melakukan pembenahan di berbagai bidang termasuk layanan tiket kereta api dengan tujuan membasmi calo tiket. Direncanakan per 1 Sepetember 2012 akan diberlakukan aturan bahwa nama yang tercantum di tiket harus sama dengan di KTP, kalau berbeda tiketnya akan hangus.

Cara ini mirip tiket pesawat terbang. Nantinya keberangkatan kereta api di stasiun akan mirip dengan keberangkatan pesawat terbang, yaitu dengan menggunakan sistem boarding. Para penumpang yang hendak menaiki KA datang lebih dulu ke stasiun kemudian dilakukan pemeriksaan tiket dan barang bawaannya.

0 Response to "Tiket Kereta Mudik Lebaran"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.