Hikmah dan Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Bundakata - Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut datangnya Puasa Ramadhan 2012 (1433H). Menurut perhitungan beberapa ahli, awal puasa Ramadhan akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2012 (mulai taraweh tanggal 19 Juli) atau tanggal 21 Juli 2012 (taraweh tanggal 20 Juli). Hal ini perlu dihitung dan diukur ulang ketika melakukan rukyat sore untuk melihat hilal atau menunggu keputusan sidang itsbat.

Hikmah puasa adalah sarana meraih derajat takwa apabila kita melakukannya sesuai dengan syariat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa." (Al-Baqarah:183)

Sebetulnya jika kita rutin melakukan Puasa akan memberikan efek bagus untuk kesehatan tubuh, jadi puasa tidak lagi sekedar kegiatan keagamaan yang wajib dilakukan umat Muslim. Puasa adalah menahan lapar dan dahaga yang mulai sejak subuh (terbitnya matahari) sampai Maghrib (terbenamnya mentari di ufuk timur) jadi waktu pelaksanaan sekitar 14 jam. Selama kita berpuasa maka sistem percernaan dapat istirahat.

Berpuasa melatih seseorang untuk hidup teratur dan berdisiplin dalam mengatur jiwanya. Diharapkan kita bisa dan mampu memimpin jiwa untuk meraih kebahagiaan dan kebaikannya di dunia dan akhirat serta menjauhi sifat kebinatangan.

Puasa juga bermanfaat mencegah kelebihan makan serta mengurangi kolesterol yang akan membahayakan tubuh.. Menurut penelitian, saat berpuasa akan terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Keadaan psikologis orang yang berpuasan akan tenang, teduh dan terbebas dari rasa amarah saat puasa yang bisa menurunkan kadar adrenalin yang berpengaruh pada pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Ketika adrenalin menurun maka kita bisa terhindar dari resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

Marhaban ya Ramadhan ... Selamat datang bulan Ramadhan yang suci dan indah

0 Response to "Hikmah dan Manfaat Puasa Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.