Penerimaan Mahasiswa Baru Via Jalur Mandiri

Bunda Kata, News - Penerimaan Mahasiswa Baru Via Jalur Mandiri banyak dilakukan PTN dengan mengadakan test ujian masuk dengan menyusun soal ujian sendiri selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Berdasar dari evaluasi tahun lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) , Yogyakarta dan ITB  Bandung tahun ini tidak membuka jalur mandiri atau kelas khusus dan cukup penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN.

Peminat SNMPTN 2012 tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Sejumlah jurusan pun masih menjadi favorit calon mahasiswa baru. Kedokteran, Ilmu Komputer, beberapa jurusan di fakultas teknik masih favorit. Sedangkan di sosial yang favorit adalah Hubungan Internasional (HI), Komunikasi, Psikologi, Akuntansi dan Manajemen.

UGM menyediakan Beasiswa bagi mahasiswa yang orang tuanya memiliki pendapatan kurang dari atau sama dengan Rp 1.000.000. Sedangkan ITB akan memberikan subsidi, beasiswa, dan pembiayaan lain baik dari perusahaan atau program orang tua asuh bagi mahasiswa berprestasi yang akan meneruskan pendidikannya. Subsidi uang masuk sebesar 20 persen, 40, persen, 60, 80, hingga 100 persen bisa diperoleh dengan menunjukkan dokumen bagi calon mahasiswa kurang mampu.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) yang melalui jalur mandiri. Pendaftaran mahasiwa baru via jalur mandiri akan dilakukan pada tanggal 7-11 2012 Juli mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada 14 Juli dan dilanjutkan registrasi bagi yang diterima pada 16-18 Juli lalu pemeriksaan dokumen dan tes kesehatan pada 19-20 Juli 2012. Ketetapan biayanya masih digodog dan belum fix sehingga akan dilakukan revisi. Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan biaya paling mahal yang telah ditetapkan adalah untuk pendidikan kedokteran.

Referensi : detikcom

0 Response to "Penerimaan Mahasiswa Baru Via Jalur Mandiri"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.