Aplikasi Baja Ringan Dalam Kehidupan Manusia

Bunda Kata - Baja Ringan saat ini telah menjadi alternatif sebagai rangka kuda-kuda atap, baik untuk rumah maupun gedung. Saat ini pemakaian rangka atap baja ringan sudah mulai meluas tidak hanya pada proyek besar dan rumah mewah tetapi juga sudah merambah pada rumah tinggal, gedung sekolah, ruko, dan lain-lain. Rangka atap baja ringan berwarna perak dan biasa digunakan sebagai struktur penyangga atap.

Baja ringan berbeda sifat dengan baja konvensional, karena merupakan baja bermutu tinggi yang bersifat ringan dan tipis, tetapi tetap berfungsi setara baja konvensional. Baja ringan dibentuk setelah dingin (cold form steel).

Kelebihan Baja Ringan Kekurangan Baja Ringan
Berat lebih ringan dibandingkan kayu, sehingga beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah. Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
Baja ringan bersifat tidak membesarkan api saat terjadi musibah kebakaran Struktur baja ringan seperti jaring maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan.

Baja ringan tidak bisa dimakan rayap.
Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.

Pemasangannya relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.

Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin.

Aplikasi Baja Ringan yang lain dipakai untuk carport, canopy, partisi atau penyekat dinding atau rak penyimpanan. Penggunaan material baja ringan adalah kreatifitas arsitek dan penggunanya. Anda bisa menggunakan spesifikasi bahan yang sesuai dengan kebutuhan, serta pengerjaan yang rapi, maka anda bisa menciptakan hal-hal baru untuk berbagai keperluan di rumah Anda.

0 Response to "Aplikasi Baja Ringan Dalam Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.