Wedang Jahe : Hangat dan Sehat

wedang jahe
Bunda senang minum wedang jahe karena rasanya enak sedikit pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron apalagi diminum saat malam hari ketika suhu udara menurun alias dingin. Entahlah, bunda merasa hangat setelah menyeruput wedang jahe.

Saat ini, wedang jahe banyak dijajakan di warung angkringan khas jogja dan bakul gerobak yang biasa menunggu pembeli di tempat strategis di sekitar Jakarta. Jika harus buru-buru ya mendingan membeli wedang jahe yang siap minum atau membeli wedang jahe kemasan siap seduh, tetapi kalau ada waktu dan pengin lebih alami ya silahkan membuat sendiri di rumah.

Konon, jahe sebagai (tentu saja) bahan pokok wedang jahe sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jahe atau Zingiber officinale adalah tanaman obat asli Asia dari rumpun batang semu. Manfaat jahe yang baik bagi kesehatan tubuh membuat tanaman ini terkenal hingga ke India, Jamaika, Australia, Cina, dan hampir di seluruh penjuru dunia.

Jahe hanya dapat tumbuh subur di daerah tropis, seperti Asia Tenggara, Brazil, dan Afrika sehingga pada jaman dahulu menarik perhatian orang asing yang akhirnya melahirkan sistem penjajahan untuk menguasai komoditas alam yang populer di Eropa ini.

Berikut ini Bunda coba tuliskan beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita :
  1. Membantu membersihkan tubuh dari darah kotor dengan merangsang keluarnya keringat dari dalam tubuh.
  2. Mengobati rasa mual dan ingin muntah, menambah nafsu makan, memperkuat otot usus, mengatasi batuk, dll. Hal ini disebabkan karena jahe mempunyai kandungan minyak gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe.
  3. Membantu memperlancar proses pencernaan karena jahe mengandung enzim protease dan lipase yang dapat mencerna protein serta lemak dalam tubuh.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi karena jahe mampu memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga darah bisa mengalir lebih cepat dan lebih lancar.
  5. Mencegah penggumpalan darah karena Jahe mengandung zat Gingerol yang menjadi antikoagulan (pencegah penggumpalan darah).
  6. Menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi.
Wuiihhhh ... ternyata jahe yang ada dalam wedang jahe banyak manfaatnya. Bunda jadi semakin hobby pada minuman tradisional ini deh. Bagaimana dengan anda?

0 Response to "Wedang Jahe : Hangat dan Sehat"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.