Cara Membuat Telur Asin

Menurut Bunda, Telur asin enak dimakan sebagai camilan atau sebagai menu lauk. Apalagi ditambah sayur lodeh, sambal, tempe/ tahu dan kerupuk. Wow, lezatnya! Bisa nambah nasi lagi tuh ...

Telur asin ternyata banyak disukai dan pangsa pasarnya cukup bagus. Jika kita rajin sebetulnya industri kecil pembuatan telur asin bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Harga telur asin relatif stabil dan banyak dicari konsumen.

Telur asin biasanya dibuat dari telur itik atau bebek (bahasa jawa) karena pori-porinya besar sehingga kadar garam mudah terserap. Kualitas Telur asin ditentukan dari aroma, rasa enak, mengandung minyak di pinggir (masir) dan letak kuning telur di tengah.


Proses pembuatan telur bertujuan menyimpan hasil produksi telur yang melimpah sehinga bisa bertahan dalam waktu lama. Secara umum prinsip dan manfaat pengawetan telur adalah untuk mencegah masuknya bakteri pembusuk ke dalam telur yang dapat merusak telur dan mencegah keluarnya air dari dalam telur.

Banyak cara membuat telur asin yang biasanya menggunakan media abu gosok, garam dan batu bata merah. Tetapi menurut Hasil penelitian BPTP Kaltim diketahui bahwa bahan yang paling bagus adalah batu bata merah yang sudah dihaluskan yang dicampur dengan garam beryodium dengan jumlah 5% dari berat batu bata merah.

Cara Membuat Telur Asin yang enak adalah :

1. Pilihlah telur itik yang bermutu baik .
2. Cuci dan bersihkan telur dari kotoran yang melekat.
3. Keringkan telur yang telah dicuci tersebut.
4. Amplas permukaan telur secara merata agar pori-porinya terbuka. Jangan terlalu lama mengamplas karena bisa menyebabkan kulit telur menjadi tipis dan mudah retak atau pecah.
5. Buatlah adonan media pengasin. Campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan 1:1, tambahkan air secukupnya sampai berbentuk pasta. Agar mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya anda menggunakan bata merah yang sudah dihaluskan.
6. Bungkus telur dengan media yang sudah disiapkan secara merata di permukaan telur dengan tebal ±2 mm.
7. Simpan telur dalam ember plastik selama 2-3 minggu dan letakkan pada ruang terbuka. Semakin lama disimpan kadar garam dalam telur akan semakin tinggi sehingga telur akan semakin awet tetapi rasanya akan semakin asin.
8. Setelah selesai bersihkan telur dan pastikan telur tetap dalam keadaan utuh dan bagus.
9. Untuk mendapatkan telur asin yang dapat bertahan lebih tahan lama, rendam telur dalam larutan teh selama ± 1 minggu karena zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telur yang sebelumnya terbuka akibat proses pengamplasan.
10. Bersihkan dan rebus telur asin hingga benar-benar masak.

Telur asin yang sudah direbus ini bisa dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan keluarga atau dijual sehingga dapat menjadi peluang usaha menambah pendapatan keluarga bagi ibu rumah tangga, para peternak itik atau petani.

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.