Manfaat Belimbing Manis

Bundakata - Belimbing manis atau binomial averrhoa carambola sering sebutan star fruit karena jika dipotong kecil secara horisontal akan nampak bentuknya yang mirip bintang. Belimbing Manis merupakan tumbuhan dari Indonesia dan Malaysia.

Buah ini akan tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut yang mempunyai curah hujan tinggi dan mendapat sinar matahari yang cukup. Di Indonesia, belimbing manis banyak terdapat di Demak, Jawa Tengah.

Belimbing manis ternyata kaya vitamin A, C, E, juga magnesium, kalsium, selenium, mangan, dan zinc. Selain itu, belimbing juga mengandung antioksidan dan antimicrobial, yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Belimbing manis memiliki panjang 10-20 cm dan 31 kalori per 100 gram. Karena banyak mengandung air dan serat, maka buah ini membuat perut terasa kenyang sehingga tepat untuk membantu program diet. Dianjurkan mengonsumsi belimbing bersama kulitnya dalam keadaan segar agar lebih bermanfaat.

Belimbing manis baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung tannin yang membantu kelancaran pencernaan. Buah berserat tinggi yang berguna mencegah konstipasi atau sulit buang air besar.

Sebaiknya penderita penyakit ginjal dan diabetes tidak mengkonsumsi Belimbing manis karena bisa memperparah penyakitnya. Belimbing manis mempunyai kandungan Asam Oxalat dan kadar gula yang tinggi.

0 Response to "Manfaat Belimbing Manis"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.