Wisata Kuliner Tegal : Mantap Nikmat!

Wilayah Tegal terletak di jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini cukup ramai dan perpaduan beragam etnis dengan keunikan kulinernya. Jika nanti anda mudik lebaran 2012, mungkin beberapa daftar kuliner ini bisa menjadi pertimbangan untuk dicicipi sebagai menu buka puasa yang dijamin mantap dan nikmat rasanya. Asal anda tahu, selain Warung Tegal (warteg), daerah Tegal mempunyai wisata kuliner sebagai berikut:

Sate Kambing Tegal

Keunikan dan kekhasan dari Sate kambing tegal adalah bahan bakunya yang dibuat dari daging kambing muda berumur di bawah lima bulan sehingga biasa disebut 'sate balibul'. Sate yang memakai daging kambing muda ini terasa istimewa karena dagingnya empuk, lemaknya putih dan tidak berbau prengus.

Daging kambing muda diiris kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu dan dibakar. Sate kambing Tegal tidak perlu terlalu banyak olesan bumbu pada saat membakarnya. Disajikan dengan kecap manis, irisan bawang merah, tomat dan cabe rawit. Irisan dan hasil bakarannya benar-benar menggoda, ditambah aroma satenya yang khas.

Salah satu alamat yang direkomendasikan adalah Sari Mendo (Jalan Teuku Umar, Debong, Tirus).

Soto Tegal

Soto (Sauto) Tegal terasa unik karena di siram dengan tauco yang membuat rasaa kuahnya menjadi manis, asam dan agak asin. Soto Tegal memakai tauge dengan campuran daging ayam, sapi atau jeroan babat ditambah taburan daun bawang, bawang goreng dan kriuk. Kriuk adalah tulang muda ayam yang digoreng kering sehingga bila memakannya akan berbunyi kriuk-kriuk.

Di daerah Talang (jalan menuju Slawi) dapat dijumpai beberapa warung soto dengan label "Sedap Malam". Yang asli dari seri "Sedap Malam" ini adalah Daan Jenggot yang kini diteruskan oleh anak laki-lakinya.Warung-warung soto “Sedap Malam” lainnya dioperasikan oleh kerabat dan bekas karyawan Daan Jenggot.

Tahu Aci

Cemilan enak yang harus disantap saat berkunjung ke Tegal adalah Tahu Aci khas Tegal. Menu ini berasal dari desa Banjaran, kecamatan Adiwerna, Tegal.

Tahu aci adalah tahu goreng yang diberi adonan sagu, rasanya yang gurih menjadikannya oleh-oleh yang populer. Ada juga tahu pletok, yang membedakannya adalah Tahu Aci terbuat dari tahu yang dibelah serong membentuk segitiga da diberi adunan aci (sagu), sedangkan tahu pletok dibuat dari tahu yang dibelah melebar dan diberi adonan aci encer kemudian digoreng.

Tahu Aci cocok dinikmati saat santai dan berkumpul dengan keluarga, saudara atau teman. Jangan lupa cabe rawit untuk menambah kelezatannya.

Baca juga : Soto Grombyang Pemalang - Empal Gentong Cirebon

0 Response to "Wisata Kuliner Tegal : Mantap Nikmat!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.