Manfaat Daun Sirih

Bundakata - Daun sirih (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) sangat populer dan banyak dijumpai di lingkungan sekitar kita. Sejak dahulu tanaman tropis ini dipercaya bermanfaat untuk kesehatan sebagai obat anti biotik. Jenis sirih ada beberapa macam, yaitu: Sirih Belanda, Sirih Jawa, Sirih Hitam, Sirih Cengkeh, dan Sirih Kuning.

Dari hasil penelitian ternyata Daun sirih mengandung minyak atsiri, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, fenil propana, estragol, cyneole, cadinene, tanin, caryophyllene, allylpyrokatekol, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Minyak atsiri biasa dipakai sebagai antiseptic untuk membunuh kuman, fungisida, anti oksidan, dan anti jamur

Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun sirih :

Menghilangkan bau badan dan bau mulut
Rebus 4-6 lembar daun sirih dengan air secukupnya sampai mendidih, saring dan diamkan. Minum secara rutin atau gunakan air rebusan itu untuk kumur-kumur jika hanya bermaksud untuk menghilangkan bau mulut. Anda juga bisa langsung mengunyah selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Remas daun sirih dan dicampur sedikit kapur lalu oleskan pada ketiak untuk menghilangkan bau badan pada ketiak.

Menghentikan gejala sariawan atau mimisan
Gulung 1 lembar daun sirih sambil ditekan dengan tujuan mengeluarkan minyaknya. Lalu masukan kedalam hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
Berkumurlah secara rutin setiap selesai makan, dengan air rebusan daun sirih yang ditambah garam secukupnya.

Menghilangkan keputihan pada wanita
Rebus beberapa lembar daun sirih kemudian dan gunakan airnya untuk membasuh organ kewanitaan anda. Lakukan setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh.

Pencuci mata merah dan gatal
Rendam daun sirih dalam air bersih secukupnya sambil diremas untuk mengeluarkan minyaknya, lalu pergunakan untuk mencuci mata anda dengan cara kedip-kedipkan mata anda di dalam air rebusan yang ditembaptkan dalam wadah.

Daun sirih juga dipakai sebagai obat luar yaitu mengobati luka bakar, gatal-gatal, bisul, koreng, dan mencegah timbulnya jerawat jika rutin membasuh wajah dengan air rebusan daun sirih.

Sumber : Wikipedia Indonesia dan berbagai sumber lain.

0 Response to "Manfaat Daun Sirih"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.