Daun Sirih Kaya Manfaat

Bundakata - Kalau ngomong soal Daun Sirih, bunda jadi teringat kebiasaan Nenek yang sering mengunyah sirih dengan gambir, kapur, dan pinang. Biasanya hal ini akan membuat mulut dan gigi menjadi merah (mirip drakula! Hehehe) tetapi ternyata kebiasaan ini memberi manfaat besar yaitu dapat menjaga kesehatan gigi.

Bunda cek di Google, eh,Manfaat daun sirih ternyata sangat banyak dan sudah dipercaya sejak dahulu untuk kesehatan lhoo. Hasil penelitian juga menunjukkan manfaat daun sirih tetapi kan enggak mungkin kita yang hidup di jaman modern ini disuruh mengunyah langsung, iya apa enggak? Sehingga kini daun sirih diolah menjadi berbagai macam produk untuk memudahkan konsumen dalam mengonsumsinya. Good!

Daun Sirih adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga yang hidup di daerah tropis. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.

Sirih (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) adalah tanaman yang populer dan asli Indonesia. Jenis sirih ada beberapa macam, yaitu: Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning. Daun Sirih mengandung minyak atsiri, fenil propana, estragol, cyneole, cadinene, tanin, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula.

Manfaat Daun Sirih secara sederhana adalah :

Menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.
Rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. Anda juga bisa langsung mengunyah selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari.

Manfaat Daun Sirih Untuk obat mimisan
Caranya gulung selembar daun sirih dengan tujuan mengeluarkan minyaknya. Setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

Daun Sirih untuk Obat batuk.
Sediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.

Manfaat Daun Sirih Untuk obat keputihan
Rebus 7-10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 liter air sampai mendidih. Kemudian setelah air menjadi hangat, gunakan untuk membasuh dan membersihkan bagian kewanitaan secara berulang-ulang. Untuk lebih praktis, Anda bisa menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan bahan sabun sirih, yang lebih populer di sebut dengan sabun sirih.

Itu sedikit informasi khasiat dan manfaat daun sirih kesehatan. Semoga bermanfaat buat anda.

0 Response to "Daun Sirih Kaya Manfaat"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.