Cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan

dok. Thinkstock
Kebutuhan nutrisi bagi seorang anak harus tercukupi karena anak sedang dalam masa pertumbuhan yang memerlukan berbagai zat, vitamin dan mineral yang terkandung dalam asupan makanan. Tetapi ada kalanya anak sulit makan karena berbagai hal. Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan?

Begini tips Cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan ala Bunda, yaitu :

1. Cobalah Membangun Suasana Makan yang Menyenangkan
Jangan memaksa anak Anda yang tidak mau makan, karena semakin Anda memaksanya maka masalah makan anak akan bertambah buruk. Sebaiknya Anda mengubah waktu makan agar lebih menyenangkan dengan mengajak anak membuat makanan bersama, bereksperimen dengan resep baru atau bisa juga dengan menghias makanan yang ia tidak sukai seperti sayur menjadi lebih menarik.

2. Konsultasi ke Dokter jika nafsu makan anak berkurang atau hilang.
Nafsu makan menjadi masalah utama dari kebiasaan makan yang buruk bagi anak. Sebaiknya Anda meminta bantuan dokter anak atau ahli gizi yang akan memberi vitamin atau susu khusus untuk meningkatkan nafsu makan anak.

3. Ajak Si Kecil untuk Memasak
Ajak anak anda untuk membantu Anda memasak dan menyiapkan hidangan di dapur. Berikan tugas sederhana seperti mengaduk, mencampur atau bahkan mencuci bahan makanan. Hal ini bisa membantu anak untuk merangsang kreatifitas, melatih ketangkasan dan mengasah keterampilan bekerja sama. Pengaruh positif yang lain adalah bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Dengan membantu menyiapkan makanan, Anak dapat belajar menghargai makanan setelah mengolahnya sendiri.

4. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Perbanyak Konsumsi Buah dan sayuran segar untuk kesehatan tubuh anak. Anda dapat mengolah sayuran dan buah sebagai cemilan ringan sehingga bisa meningkatkan keinginan anak untuk makan makanan sehat.

Begitulah Cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan ala Bunda. Semoga bermanfaat ...

0 Response to "Cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.