Hidangan Buka Puasa : Es Pisang Ijo Makasar

Marhaban Ya Ramadhan! Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan. Umat Islam diwajibkan untuk mengerjakan puasa, menahan hawa nafsu mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Umat Islam disunnahkan mengakhirkan sahur dan mensegerakan berbuka puasa begitu terdengar adzan maghrib.

Jika anda berpuasa dan ingin menikmati kesegaran saat berbuka puasa, menu Hidangan Buka Puasa 'Es Pisang Ijo Makasar' mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.

Es Pisang Ijo Makasar cukup popular karena rasanya yang enak, segar, manis, dan mengenyangkan. Paduan pisang, tepung beras, bubur, sirop, susu dan es serut membuat Es Pisang Ijo Makasar benar-benar terasa istimewa. Cocok dinikmati saat berbuka puasa sebagai makanan pembuka sebelum anda menyantap hidangan pokok nasi dan lauk-pauknya.


Resep Es Pisang Ijo Makasar

Bahan Kulit Es Pisang Ijo :

- 2 gelas tepung beras
- 2 gelas air minum
- 1 sdm pasta pandan
- 1/2 sdt garam
- Pisang Raja 7 buah (kukus bersama kulitnya)
- minyak goreng 1 sdm
- Daun pandan 1 lembar
- Gula pasir 250 gr
- Santan 750 cc
- Tepung terigu 150 gr

Bahan Bubur:
- 100 g tepung beras
- 600 ml santan segar yang sedang kentalnya
- 1 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

Bahan Pelengkap:
- Santan matang
- Sirop Merah
- Susu Kental Manis
- Es serut

Cara Mengolah :
  • Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
  • Setelah adonan dingin, olah sampai kalis, jika belom kalis, tambahkan tepung beras sedikit-sedikit sampai tidak lengket di tangan. Tipiskan adonan dengan roll kayu, lalu balutkan pada pisang hingga tertutup adonan.
  • Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  • Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
Cara Menyajikan Es Pisang Ijo :
Ambil 1 buah pisang ijo, iris serong tipis, taruh diatas piring, risam dengan kuah/bubur dan hidangkan dengan pelengkap sirup, susu kental manis dan kacang tanah sangrai.

0 Response to "Hidangan Buka Puasa : Es Pisang Ijo Makasar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.