Khasiat Tokek Yang Mahal Harganya

Bundakata - TOKEK adalah jenis reptil dalam golongan cecak besar, suku Gekkonidae. Tokek rumah , Gekko gecko (Linnaeus, 1758) paling banyak ditemukan dan kehadirannya bisa ditandai dengan suaranya yang keras dan khas.
Tokek adalah binatang malam yang aktif berburu mangsa di malam hari dan saat siang hari si tokek akan bersembunyi karena jika terkena sinar matahari mata tokek tidak bisa melihat dengan jelas. Tokek biasa bersembunyi di lubang-lubang kayu, lubang batu, Lubang pohon, atau di sela atap rumah. Mangsa utama Tokek adalah jangkrik, belalang, dan berbagai serangga lain yang berukuran kecil.- http://bundakata.blogspot.com

Saat ini keberadaan Tokek rumah dan tokek yang hidup di alam liar terancam oleh pemburu karena cecak besar ini memiliki harga jual tinggi di pasaran. Konon, Harga seekor tokek dengan berat badan sekitar 4 ons bisa mencapai lebih dari Rp 500 juta. Ada beberapa bandar tokek dari Malaysia dan Korea yang siap menampung tokek hasil tangkapan pemburu.

Kenapa Tokek begitu mahal harganya? Apa manfaat dan khasiat tokek?

Secara tradisional, Khasiat daging tokek dipercaya bisa mengobati penyakit kulit, asma dan menambah stamina kaum laki-laki. Tapi hingga kini belum ada penelitian secara farmakologi yang mampu menunjukkan khasiat dari pengobatan menggunakan daging tokek tersebut yang dikonsumsi sebagai makanan atau dalam bentuk bubuk.

Medicalnewstoday, Senin (26/4/2010), menampilkan hasil laporan praktik klinis tokek yaitu bisa memperkuat sistem kekebalan organisme dan mampu menginduksi sel-sel tumor opoptosis yaitu sel-sel tumor yang dapat menghancurkan dirinya sendiri. Praktik klinis ini menggunakan hewan percobaan tikus berkelamin betina.

Selain itu, tokek dipercaya bisa menurunkan aktivitas dari protein VEGF dan bFGF yang mempengaruhi perkembangan sel kanker.

Saat ini badan kesehatan dunia (WHO) sedang melakukan penelitian manfaat dan khasiat tokek yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit AIDS, asma dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Penelitian ini sangat penting untuk mengetahui apakah pengobatan ini benar-benar efektif atau tidak, serta untuk mengetahui kemungkinan adanya efek samping yang ditimbulkan saat mengkomsumsi daging tokek.

Budaya dan obat tradisional China sudah mengenal manfaat dan khasiat tokek bahkan binatang merayap ini menjadi salah satu menu makanan yang cukup banyak penggemarnya. Saat ini dengan perkembangan informasi maka tokek menjadi salah satu binatang yang memiliki harga jual tinggi.

0 Response to "Khasiat Tokek Yang Mahal Harganya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.