Trend Sepeda Fixie

Sepeda Fixie sudah menjadi trend dan gaya hidup para penggemar dan pencinta sepeda di seluruh dunia. Mulai dari anak muda hingga kalangan orang tua sedang dilanda demam sepeda Fixie sebagai alat transportasi yang sehat, murah, simple, cepat dan tentunya ramah lingkungan.

Istilah Fixie pertama kali dipakai di Amerika Serikat sebagai singkatan dari ‘fixed gear’ yang berarti gear yang mati atau paten. Fixed gear adalah gear belakang sepeda yang dibuat mati dengan hub/As roda belakang.

Sepeda Fixie adalah sepeda yang menggunakan sistem Fixed/Dultrap atau gear mati, apabila sepeda dikayuh kedepan, roda akan berputar ke depan, apabila sepeda di kayuh ke belakang roda pun ikut berputar ke belakang. Untuk menghentikan sepeda saat berjalan, pedal harus di tahan, atau di kayuh berlawanan arah.

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang. (biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar).

Biasanya sepeda Fixie tidak memiliki rem karena prinsip sepeda fixie adalah simple dan tidak banyak assesoris, tetapi ada juga yang memakai rem. Jika anda ingin menambahkan rem sebaiknya tambahkan dengan rem depan saja karena rem depan akan berpengaruh lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda. Saat kita melakukan pengereman, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.

Sepeda Fixie memiliki berat yang ringan karena komponen aksesorisnya sedikit. Selain itu warna Sepeda Fixie sangat unik dan menyolok, tetapi ada juga sepeda Fixie dengan warna sepeda standard, seperti silver, dan putih. Ban yang dipakai berukuran 700c, tetapi ada juga yang memakai ban ukuran tebal. Rangka dan Stang bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Tetapi kebanyakan penggemar sepeda akan memakai rangka dan stang sepeda balap, selain rangka sepeda BMX, MTB, sepeda lipat.

Itulah sedikit informasi tentang Trend Sepeda Fixie

0 Response to "Trend Sepeda Fixie"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.