Jembatan Selat Sunda (JSS)

Bundakata - Pemerintah berencana membangun Jembatan Selat Sunda (JSS) melintasi Selat Sunda yang ditargetkan mulai dibangun tahun 2014 dan akan selesai dalam waktu 10 tahun, yakni 2014-2024. Jembatan dengan panjang panjang keseluruhan 27-30 kilometer dengan lebar 60 meter ini menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera.

Master plan JSS menggambarkan adanya jalur kereta api, pipa gas, pipa air minum, dan kabel listrik di atas jembatan tersebut. Jika pembangunan ini dapat terealisasi, jembatan Selat Sunda akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan rencananya berada pada ketinggian 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat Sunda yaitu Pulau Prajurit, Pulau Ular, dan Pulau Sangiang.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, saat ini pemerintah sudah menyiapkan lahan sekitar 40 ribu hektare untuk proyek itu. JSS akan menjadi Kawasan terpadu yang terbagi seluas 20 ribu hektare di daerah Banten dan sisanya di Lampung sebagai penopang berkembangnya daerah industri ketika Jembatan Selat Sunda berdiri.

Dana proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) berasal dari pembiayaan Konsorsium PT Graha Benten dan Lampung Sejahtera yang menelan biaya sekitar 10 miliar Dollar Amerika atau 100 triliun rupiah.

Pembangunan Jembatan Selat Sunda diharapkan dapat mempercepat perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di koridor Sumatera.

Referensi :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Selat_Sunda
2. http://www.antaranews.com/berita/305535/jembatan-selat-sunda-dibangun-2014
3. http://www.tempo.co/read/news/2012/05/09/090402689/Pemerintah-Tunggu-Studi-Jembatan-Selat-Sunda
4. http://blog.tempointeraktif.com/ekonomi-bisnis/apa-kabar-jembatan-selat-sunda/

0 Response to "Jembatan Selat Sunda (JSS)"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.