SPBU Pertamina Swalayan Self Service

Bundakata - Kini hadir SPBU Pertamina Swalayan Self Service di Jabodetabek. Ada beberapa titik SPBU dengan sistem baru ini yaitu SPBU 3410102 Jl Hasyim Ashari, Tanah Abang, Jakarta Pusat, SPBU Jembatan Tiga, SPBU Ketapang, SPBU Kelapa Dua dan SPBU CBD Tangerang.


Sistem baru ini sudah lazim dan banyak dipakai di SPBU negara tetangga misalnya di Negeri Jiran seperti Malaysia. Tetapi untuk Indonesia memang baru dalam tahap uji coba sehingga konsumen masih mencibirnya karena merasa direpotkan. Beberapa pengendara sepeda motor khususnya tukang ojek masih bingung dan merasa kesulitan saat membeli bensin di SPBU Swalayan sehingga masih diperlukan petugas yang akan membantu melayani konsumen untuk pengisian. Mungkin masih banyak diperlukan sosialisasi kepada para konsumen.- http://bundakata.blogspot.com

Ketua Shift petugas SPBU 3410102, Ryan memaklumi jika ada konsumen yang belum terbiasa. Menurutnya, 60% konsumen setuju dengan layanan Pertamina Swalayan Self Service ini, sementara 40% konsumen tidak setuju dengan alasan ribet dan tidak ingin repot.

Layanan swalayan di SPBU 3410102 Jl Hasyim Ashari, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah berlangsung sejak dua minggu lalu dan beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. SPBU ini menyediakan 6 mesin dispenser untuk layanan swalayan yang bisa dipakai motor dan mobil untuk BBM Premium, Pertamax dan Pertamax Plus.

Cara pengisian BBM sistem swalayan adalah :
  • Konsumen membayar di kasir yang berada sejajar dengan mesin dispenser BBM.
  • Setelah membayar, konsumen akan mendapatkan pin atau kode voucher sebagai tanda untuk pengisian di mesin khusus pengisian BBM untuk jenis Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus. Pin tersebut berisi 6 digit. Konsumen bisa menekan 6 digit ke mesin dispenser, nantinya akan ketahuan berapa liter pengisian BBM beserta harganya.
  • Kemudian konsumen bisa mengangkat nozzle atau pegangan selang bensin, untuk siap mengisi BBM. Mesin tersebut juga menyediakan struk apabila ada konsumen yang menginginkan tanda pembayaran.
  • Sistem pengisian BBM akan mempermudah konsumen mendapatkan kembalian. Jika konsumen salah menaksir jumlah liter BBM, maka ketika tangki BBM sudah penuh, secara otomatis nozzle akan berhenti agar bensin tidak tumpah.
  • Sistem swalayan mempermudah kembalian dengan pembulatannya. Ketika ada kembalian karena bensin sudah penuh, konsumen bisa menukar struk yang otomatis akan keluar ketika ada kelebihan pembayaran. Struk bisa ditukar ke toko manajemen SPBU. Waktu penukaran struk bisa kapan saja tidak harus hari itu juga.
Pada tahap awal sistem self service ini baru diuji kepada para konsumen yang akan dipandu petugas operasi di beberapa mesin pengisian BBM. Nanti, dalam jangka panjang jika masyarakat sudah siap dengan sistem baru ini, maka konsumen bisa mengisi sendiri hanya dibantu oleh kasir untuk mendapatkan pin atau voucher sebagai tanda untuk mengisi BBM.

Info Pilkada DKI Jakarta 2012 : JK Dukung Jokowi?

0 Response to "SPBU Pertamina Swalayan Self Service"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.