Minuman Wedang Uwuh: Hangat, Berkhasiat

Uwuh dalam bahasa Jawa artinya sampah, Tetapi minuman wedang uwuh ternyata cukup digemari oleh bermacam kalangan. Jangan salah sangka ya, wedang uwuh bukan dibuat dari tumpukan sampah tidak berguna. Minuman hangat ini disebut wedang uwuh karena berisi bermacam jenis herbal seperti rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala dan seringkali ditambahkan batang sereh atau daun jeruk. Jadi mungkin herbal gado-gado itu yang disebut uwuh.

Konon, minuman khas kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi favorit para Raja Jogja sejak jaman dahulu. Kini penyebarannya semakin meluas tidak hanya di lingkungan keraton saja. Popularitas wedang uwuh membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja akan membelinya sebagai oleh-oleh yang khas dan menyehatkan.

Bahan Resep Minuman Wedang Uwuh :

- 6 cm jahe, memarkan
- 2 lembar daun kayu manis kering
- 40 g serutan kayu secang kering
- 3 lembar daun cengkeh kering
- 10 butir cengkih/batang cengkih kering
- 3 lembar daun pala kering
- 50 g gula batu/gula pasir

Cara membuat wedang uwuh ini cukup mudah. Semua bahan di atas cukup direbus atau diseduh dengan air mendidih. Beragam bahan herbal dalam wedang uwuh akan menghasilkan minuman berwarna cokelat kemerahan yang terbentuk dari warna dominan kayu secang. Bau harum akan keluar dari kayu manis sedangkan jahe dan rempah lainnya akan memberikan Rasa hangat dan pedas.

Anda bisa meracik wedang uwuh sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan di kios bahan jamu di pasar tradisional. Bahkan beberapa bahan dasar seperti kayu manis, jahe, kayu secang, gula batu, dan cengkih banyak tersedia di pasar swalayan.

Mau mencoba wedang uwuh? Dijamin anda ketagihan rasanya!

Baca juga : Es Dawet Ireng , Es Pisang Ijo , Wisata Yogyakarta

0 Response to "Minuman Wedang Uwuh: Hangat, Berkhasiat"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.