Lipodistrofi : Penyakit Langka Penuaan Dini

Bundakata - Penyakit langka Lipodistrofi diderita oleh Zara Hartshorn (15 tahun) yang menyebabkan dirinya terlihat jauh lebih tua dari usianya yang baru menginjak remaja. Zara terlihat puluhan tahun lebih tua.

Penyakit Lipodistrofi telah membuat Zara mengalami kondisi genetik yang membuat tulangnya meluruh dan menghancurkan jaringan lemak di permukaan kulit, sehingga menyebabkan penuaan dini.

Tubuh Zara mulao rapuh layaknya seorang nenek lanjut usia. Dalam usia remajanya Zara kehilangan 4 giginya yang rapuh dan tanggal, walaupun dia rajin menyikat gigi.

Menurut para ahli kesehatan, Lipodistrofi adalah penyakit Kelainan genetik turunan dari orangtua yang menghilangkan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel lemak di bawah kulit. Penyakit ini membuat kulit menjadi keriput.

Lipodistrofi juga membawa penyakit lain yaitu bisa menyebabkan diabetes, penyakit jantung, stroke atau masalah pada hati. Sampai saat ini belum ditemukan obat penawar untuk menyembuhkan atau mengembalikan fungsi dari jaringan lemak dalam tubuh penderitanya.

Harap diketahui, Ada penyakit lain yang mirip dengan Lipodistrofi yang menyebabkan penuaan dini yaitu Progeria atau dikenal dengan penyakit HGPS (Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome).

Proses penuaan dini yang menyerang penderita Progeria terjadi dengan kecepatan 4-7 kali lipat dari proses penuaan normal, jika penderita adalah anak berusia 10 tahun maka dia akan terlihat seperti berusia 40 tahun.

Perbedaan kedua penyakit ini adalah Progeria bisa menyerang siapa saja dan bukan penyakit turunan, sedangkan Lipodistrofi hanya terjadi pada penderita yang memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarganya.

0 Response to "Lipodistrofi : Penyakit Langka Penuaan Dini"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.