Objek Wisata Hemat di Yogyakarta

Bundakata - Yogya selalu menarik untuk dikunjungi karena keindahan alam, budaya dan kuliner yang menggoda selera. Wisata Yogya menawarkan beragam pilihan mulai dari kelas eksklusif atas, menengah maupun murah meriah. Percayalah, Anda masih bisa melakukan wisata ke Yogyakarta dengan dana terbatas. Berikut ini daftar yang harus anda ingat jika ingin melakukan Wisata Hemat di Yogyakarta.


Objek wisata yang Murah Meriah & Gratis di Yogya

1. Taman Sari

Objek wisata murah meriah ini adalah bagian dari sejarah kesultanan Yogyakarta. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk menikmati keindahan dan keunikan Istana Air ini.

Dahulu, Taman Sari adalah tempat peristirahatan Sultan Yogya dan biasa digunakan untuk menyambut tamu. Bangunan tua yang mempersona ini sekarang tidak digunakan dan dibuka untuk umum. Arsitekturnya cukup unik karena perpaduan budaya Jawa dan Belanda. Banyak fotografer yang berburu foto di Taman Sari.

Disini juga terdapat Masjid bawah tanah, yang dahulu biasa digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat sekitar. Masjid ini cukup unik karena letaknya di bawah tanah, berbentuk melingkar dengan dua lantai dan banyak lorong-lorong di dalamnya yang mempesona.

2. Museum Anak Kolong Tangga

Museum unik ini berada di Jl Sri Wedani no 1 di dekat Taman Budaya Yogyakarta. Disini anda serasa kembali ke masa kecil dahulu karena terdapat lebih dari 400 koleksi mainan tradisional dari Indonesia hingga dunia. Tiket masuknya murah meriah yaitu hanya Rp 2.500.

3. Benteng Vredeburg

Yogyakarta adalah kota tua yang penuh nilai sejarah, mulai dari jaman kesultanan hingga masa penjajahan. Salah satu objek sejarah peninggalan kolonial Belanda berada di dekat Kraton Yogya. Benteng ini berdiri tahun 1760 dan posisinya mengelilingi Kraton Yogyakarta. Dahulu saat masa penjajahan Belanda, benteng ini berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi Keraton karena kekuasaan kolonial sedang berkembang pesat dan pihak Belanda khawatir terjadi pembrontakan.

Bentuk benteng bergaya Eropa dengan tembok kokoh, pilar besar, dan posisinya strategis. Anda bisa belajar sejarah penjajahan kolonial Belanda di Yogya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,-


4. Kraton Yogyakarta

Wisata Yogya yang utama adalah mengunjungi Kraton Yogyakarta yang terletak di Jl Rotowijayan di dekat alun-alun kidul (selatan). Tempat ini adalah museum yang menyimpan peninggalan budaya Jawa dan merupakan tempat sakral yang dihormati oleh masyarakat Yogya. Tiket masuknya hanya Rp 5.000. 

5. Pasar Beringharjo

Tidak lengkap Wisata Yogya tanpa berbelanja oleh-oleh khasnya. Anda bisa berkunjung ke Pasar Beringharjo untuk mendapatkan beragam pilihan oleh-oleh khas Yogyakarta seperti batik, baju, tas, aksesoris, barang-barang antik, hingga bumbu dapur yang ditawarkan dengan harga ekonomis.

Pasar tradisional ini terletak di Jl Pabringan. Anda harus terbiasa melakukan transaksi dengan sistem tawar-menawar untuk memperoleh barang yang Anda inginkan. Silahkan berkeliling pasar ini untuk mendapatkan barang pilihan dengan harga murah. 

6. Tugu Yogya

Tugu Yogya adalah icon landmark Yogya. Ada sebuah kebiasaan unik di kalangan mahasiswa perantauan ketika sudah selesai studi di Yogya yaitu memeluk dan mencium tugu Yogya sebagai ungkapan rasa cinta dan seolah berjanji kembali ke Yogyakarta.

Obyek ini bisa anda nikmati secara gratis. Banyak yang berfoto dengan latar belakang Tugu Yogya dan biasa dilakukan di malam atau di pagi hari ketika volume kendaraan bermotor masih sepi. Tugu Yogya yang Istimewa ini berada di perempatan Jl Pangeran Mangkubumi, Jl Jendral Soedirman, Jl A.M Sangaji dan Jl Diponegoro.

Anda juga bisa menemukan banyak banyak pedagang gudeg atau kuliner khas lainnya di sekitar tugu Yogya.

Yogyakarta adalah surga backpacker dan petualang yang ingin berkeliling dengan biaya murah meriah. Siapkan kamera Anda untuk mengabadikan dan merekam momen keindahan di Yogya.

0 Response to "Objek Wisata Hemat di Yogyakarta"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.