Foie Gras

Bunda Kata - Mengikuti jejak Denmark, Israel dan Turki, Pemerintah California memberlakukan larangan penyajian menu kuliner foie gras. Larangan soal foie gras ini menyangkut proses produksi dan penjualan angsa yang diberi makan secara paksa dan diperlakukan semena-mena untuk menghasilkan foie gras yang berharga mahal dan eksklusif.

John Burton mengatakan, “Ini bukan mengenai foie gras. Ini tentang perilaku tidak manusiawi pada unggas”. Kebijakan ini didukung oleh organisasi pelindung hewan. Menurut PETA (People for Ethical Treatment of Animals), foie gras dihasilkan dari hewan angsa yang diberi makan secara paksa dan dibuat menderita. PETA juga menyebut foie gras sebagai makanan yang tidak sehat bagi manusia karena mengandung lemak yang tinggi. Setiap 60 gram foie gras mengandung 25 gram lemak dan 85 miligram kolesterol.

Foie gras adalah menu mewah yang berasal dari Perancis, makanan berbahan hati angsa dan bebek yang kegemukan sehingga membuat hatinya membesar dari ukuran normal dan berlemak. Hati angsa gemuk bisa mencapai 700-900 gram dan hati bebek bisa mencapai 300-400 gram.

Saat ini, Foie gras diproduksi di beberapa negara secara besar-besaran setiap tahun. Ada jutaan angsa yang dipaksa makan sehingga kegemukan untuk mengembangkan lemak hatinya. Tekstur hati angsa yang penuh lemak menjadi lembut dan gurih seperti mentega yang halus.

Foie gras hanya disajikan di hotel internasional berbintang lima dan restoran ekskulusif karena harganya yang mahal. Untuk mencicipi menu lezat berbahan foie gras, biaya yang harus dibayar berkisar antara 1,3 juta hingga 1,8 juta rupiah. Sedangkan Harga foie gras mentah bisa mencapai 100-200 EURO atau sekitar Rp1,22 - Rp2,45 juta! Hidangan foie gras tidak pernah disajikan dalam ukuran besar karena selain harganya mahal beud, foie gras ini sangat berlemak dan berkolesterol tinggi.

Bagaimana cara membuat foie gras?

Foie gras (pronounced /fwɑːˈɡrɑː/ in English) is made of the liver of duck or goose that has been inaccidentally fattened.

0 Response to "Foie Gras"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.