Gerhana Bulan Parsial 4 Juni 2012

Bundakata - Gerhana Bulan Parsial atau Gerhana Bulan Sebagian (GBS)akan terjadi pada pertengahan Rajab 1433 H, yang bertepatan pada Senin, 4 Juni 2012 mulai pukul 17.00-19.06 WIB dan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia jika kondisi langit cerah.

"Fenomena ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Nusantara," ungkap Pengamat Astronomi dari Obeservatorium Bosscha Lembang, Moedji Raharto, Jumat (1/6).

Bagi umat muslim dihimbau melakukan ibadah salat sunnah gerhana bulan dan pengumpulan infak untuk disalurkan kepada kaum duafa kurang mampu. Pelaksanaan shalat khusuf dilakukan antara Magrib dan Isya saat gerhana bulan sebagian terjadi sepertiga sisi purnama yang menjadi gelap karena terhalang bayangan bumi.

Ketua Persatuan Islam (Persis) Jabar H. Idad Soemarta mengatakan kalau gerhana bulan maupun matahari merupakan fenomena biasa yang menjadi tanda kekuasan Allah dan mengimbau kaum Muslimin tidak mengaitkan gerhana bulan dengan hidup atau matinya seseorang, peristiwa politik, bencana alam, maupun peristiwa lainnya.

0 Response to "Gerhana Bulan Parsial 4 Juni 2012"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.