Insiden TKI di Bandara Cengkareng

Ini Kata Kepala BNP2TKI Soal Insiden TKI di Bandara Cengkareng

Jakarta - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat punya penjelasan soal insiden TKI di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Menurut dia, insiden Jumat (25/1) malam di Terminal 2 yang ramai diperbincangkan di twitter itu hanya kesalahpahaman.

"Dalam Permenakertrans No 16 tahun 2012, disebutkan bahwa TKI wajib didata. Nah, petugas itu hanya mau mendata sehingga barangkali terkesan memaksa," jelas Jumhur saat dikonfirmasi, Minggu (27/1/2013).

Insiden 3 TKI asal Indramayu, yang bekerja di Taiwan dan ditolong Financial Planner Ligwina Hananto tersebut menjadi pembahasan serius di jejaring sosial.


Insiden itu terjadi ketika petugas BNP2TKI bernama Alex memaksa TKI untuk melapor, dengan menarik kerah baju. Ligwina yang melihat itu menolong TKI, tapi sang petugas BNP2TKI malah memelototi Ligwina dan menyebut jangan sok pahlawan.

"Ini dilakukan untuk patuh pada aturan. Namun begitu, saya sudah memerintahkan langsung bahwa pendataan pun jangan lagi dipaksa, sehingga bisa menghindari kesalahpahaman," jelas Jumhur.

http://news.detik.com/read/2013/01/27/023542/2153107/10/?nd772204topnews

---

BNP2TKI: TKI yang Didata di Bandara Cengkareng, Tidak Dimintai Biaya

Jakarta - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat memastikan bahwa TKI yang turun di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng tidak dimintai biaya. Kalau ada petugas yang meminta biaya silakan dilaporkan dan akan diberi sanksi.

"Ya tidak dimintai biaya dong," jelas Jumhur saat dikonfirmasi, Minggu (27/1/2013).

Menurut Jumhur, pendataan di terminal 2 pun bersifat sukarela, tidak ada paksaan. Pendataan pun untuk kepentingan TKI tersebut.

"Kan itu hanya ingin memastikan bila terjadi apa-apa dengan TKI tersebut kita jadi tahu," jelasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (25/1) malam, terjadi insiden ketika 3 TKI asal Indramayu yang bekerja di Taiwan ditolong Financial Planner Ligwina Hananto di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Insiden itu menjadi pembahasan serius di jejaring sosial.

Insiden itu ketika petugas BNP2TKI bernama Alex memaksa TKI untuk melapor, dengan menarik kerah baju TKI.

Ligwina yang melihat itu menolong TKI, tapi sang petugas BNP2TKI malah memelototi Ligwina dan menyebut jangan sok pahlawan.

Hingga akhirnya karena terjadi keributan, petugas itu pergi. TKI itu pun bisa keluar dari Terminal 2 dan segera dijemput keluarga mereka.

http://news.detik.com/read/2013/01/27/033652/2153115/10/?nd772204topnews

0 Response to "Insiden TKI di Bandara Cengkareng"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.