Arus Mudik Lebaran 2012

Banyak orang yang mulai awal Puasa Ramadan 2012 ini sudah merancang jadwal mudiknya. Hal ini disebabkan mudik lebaran selalu penuh menimbulkan kemacetan sehingga waktu tempuh perjalanan sampai kampung halaman harus diperhitungkan. Menurut prediksi, puncak arus mudik lebaran 2012 akan terjadi pada Jumat 17 Agustus 2012, Sedangkan puncak arus balik Lebaran 2012 akan terjadi pada Rabu 22 Agustus 2012.

Pemudik tahun 2012 diprediksi mencapai 8,3 juta dan didominasi motor dan mobil pribadi. Angka ini naik 15,11 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut terdiri dari 2.406.604 orang menggunakan kendaraan umum dan 5.934.586 kendaran pribadi.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono ada 1,5 juta pemudik dengan motor. Pristono beranggapan ada beberapa alasan pemudik lebih memilih naik motor dibandingkan bus yaitu warga Jakarta memiliki kebiasaan membawa sepeda motornya untuk dipamerkan ke kampung. Selain itu juga, warga bisa berhenti di manapun mereka mau tanpa harus mengikuti jadwal dan bisa lebih cepat sampai.

Padahal, membawa motor saat mudik sangatlah berbahaya, karena jika terlalu lelah bisa menyebabkan pengemudi lengah dan terjadi kecelakaan.

Sementara itu, Kepala Korps lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Pudji Hartanto mengimbau agar pemudik tidak pulang kampung dengan menggunakan motor. Alasannya, motor bukan untuk kendaraan jarak jauh dan rawan kecelakaan.

Tapi, kalau nekat tetap menggunakan motor, sebaiknya para pemudik berhati-hati. Patuhi aturan yang berlaku. "Kami Menghimbau untuk pengendara sepeda motor yang mau mudik, penumpang tidak boleh lebih dari 2 orang," tambah Pudji.

Jika polisi mendapati pemudik menggunakan motor dengan penumpang lebih dari 2 orang maka akan diberikan sanksi berupa tilang.

0 Response to "Arus Mudik Lebaran 2012"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.