Sejarah Halloween : Trick or treat!

Sejarah Halloween : Trick or treat!

Tradisi Halloween atau Hallowe’en dirayakan setiap malam tanggal 31 Oktober di Amerika Serikat. Tradisi bernuansa seram ini berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Anak-anak akan memakai kostum seram saat merayakan Halloween sambil berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga untuk meminta permen atau cokelat sambil berteriak “Trick or treat!” - “Beri kami (permen) atau kami jahili!

Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

Simbol Halloween yang dimengerti secara universal adalah labu yang diukir membentuk wajah "menyeramkan" yang disebut Jack-o'-lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap.

Di Amerika Serikat, lentera Jack-o'-lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari mulai gelap. Tradisi mengukir Jack-o'-lantern berasal dari Amerika Utara yang banyak menghasilkan labu berukuran besar.

Untuk Kostum Haloween, karena bertema mahluk-mahluk menyeramkan di dunia barat maka kostumnya gak jauh-jauh dari karakter seperti Zombie, Penyihir, drakula, Frankenstein, dan berbagai jenis hantu lainnya.

halloween meaning, halloween history, halloween movie, halloween pictures, halloween day, halloween games

0 Response to "Sejarah Halloween : Trick or treat!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.