RIP: Neil Amstrong, Manusia Pertama Yang Mendarat di Bulan

Bundakata - Neil Alden Armstrong (lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930) adalah manusia pertama yang mendarat dan berjalan di Bulan pada 20 Juli 1969 dalam waktu dua jam dan 32 menit. Kalimat Armstrong yang terkenal dan penanda momentum bersejarah ini adalah 'one small step for a man, one giant leap for mankind'.

Biografi Neil Alden Armstrong silahkan baca di Wikipedia - http://id.wikipedia.org/wiki/Neil_Armstrong

Armstrong, meninggal dunia pada Ahad, 25 Agustus 2012 pada usia 82 tahun akibat komplikasi prosedur jantung yang disebabkan oleh operasi jantung pada awal bulan ini. Neil Armstrong meninggalkan seorang istri, Carol, dua orang anak, seorang anak tiri, 10 orang cucu, saudara laki-laki dan saudara perempuan.

Presiden AS Barack Obama menyebut Amstrong sebagai satu dari pahlawan Amerika paling besar, “yang mengantarkan manusia menuju pencapaian yang tidak akan pernah terlupakan.”

Kontroversi Neil Armstrong

Banyak orang yang meragukan kebenaran kisah pendaratan Armstrong yang menjadi komandan pada misi Apollo 11 di bulan pada 20 Juli 1969.

Klaim Amerika sebagai negara pertama yang berhasil mendaratkan manusia ke bulan dianggap sebagai bualan politik, untuk menandingi Rusia yang sebelumnya lebih dulu berhasil mengorbitkan pesawat luar angkasanya. Gedung Putih dan Presiden Richard Nixon dinilai terlalu bernafsu mengungguli Rusia dalam Perang Dingin.

Armstrong dianggap sebagai bagian dari teori konspirasi yang melakukan rekayasa untuk memenangkan Perang Dingin dengan Uni Soviet dan membangun citra sukses setelah kekalahan Amerika dalam perang Vietnam. Debat soal ini telah berlangsung selama beberapa dekade.

Neil Amstrong setelah peristiwa bersejarah “pendaratan manusia pertama di bulan” tidak pernah mau diwawancarai ataupun menandatangani memorabilia terkait misi Apollo 11. Amstrong beralasan, dia tidak ingin menjadi “kenangan hidup,” lansir Euronews (26/8/2012).

Salah satu foto terkenal tentang misi pendaratan manusia pertama di bulan adalah ketika Neil Amstrong terlihat sedang turun menjajaki tangga modul ruang angkasa yang diawakinya. Jika orang yang sedang turun itu adalah Amstrong, maka berarti orang yang mengambil gambar tersebut adalah Buzz Aldrin. Jika demikian kenyataannya, maka logikanya, orang pertama yang menjejakkan kakinya di bulan pada 20 Juli 1969 adalah Buzz Aldrin, bukan Neil Amstrong.

Perdebatan tentang kebohongan Neil Amstrong terus berlangsung sampai sekarang. Armstrong dianggap tidak pernah mendarat di bulan, jadi berita ini diyakini sebagai hoax ilmu pengetahuan. Tetapi, ada sesuatu hal yang menarik karena Neil Armstrong mengaku mendengar suara adzan saat mendarat di bulan dan Armstrong dipercaya oleh sebagian orang sudah masuk Islam setelah misi Appollo 11 selesai.

Bagaimana menurut anda?

0 Response to "RIP: Neil Amstrong, Manusia Pertama Yang Mendarat di Bulan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.