Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

Bunda Kata - Gigi dan mulut adalah bagian penting dari tubuh kita sehingga harus dijaga kesehatannya. Berikut ini adalah tips kesehatan gigi dan mulut yang harus anda ketahui agar terhindar dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan, yaitu :

Rajin membersihkan gigi dari sisa makanan
Rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari yang bertujuan untuk menghilangkan atau membersihkan gigi dari makanan. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur malam. Waktu yang dibutuhkan saat menyikat gigi kurang lebih 2 menit, dengan 5-10 kali gerakan untuk setiap bagian. Selain gigi, anda sebaiknya juga melakukan penyikatan pada bagian lidah untuk membersihkan lidah dari kotoran yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

Kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan lengket .
Bahan Makanan yang manis dan lengket seperti permen, es, caramel, minuman bersoda dan lain-lain dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan menimbulkan gigi anda berlubang. Sebaiknya anda memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair karena makanan ini baik untuk kesehatan tulang dan gigi berkat kandungan vitamin C yang akan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin, dan jenis makanan yang dapat menimbulkan bau mulut.

Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.
Periksa gigi secara berkala minimal dilakukan per enam bulan sekali agar masalah kesehatan gigi dan mulut yang ada bisa segera diatasi. Jangan sampai harus menunggu hingga muncul keluhan. Lakukan pembersihan plak dan karang gigi yang menempel di dokter gigi karena keluhan ini tidak cukup diatasi dengan menggosok gigi.

Hindari kebiasaan merokok.
Kebiasaan merokok akan membuat gigi berubah warna menjadi kuning, sehingga bisa mengundang berbagai penyakit yang akan menyerang gusi anda serta juga penyakit kanker mulut.

Gunakan pasta gigi yang benar sesuai dengan standar kesehatan gigi.
Gunakan pasta gigi yang mengandung kalsium dan fluoride untuk menyikat gigi kita. Ini dikarenakan dua bahan tersebut sangat baik untuk menjaga gigi kita lebih kuat dan sehat.

Jika anda melakukan tips kesehatan gigi dan mulut seperti tertulis di atas, maka Insya Allah gigi anda dapat terjaga dengan baik.

Baca juga :
Cara Merawat dan Menyuburkan Rambut
Manfaat Apel bagi Kesehatan

0 Response to "Tips Kesehatan Gigi dan Mulut"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.