Manfaat Buah Jamblang/ Duwet

Buah Jamblang berasal dari Asia dan Australis tropic yang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Buah yang sudah matang jika dimakan rasanya segar, agak asam sepat, dan kulit kayunya sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami.

Nama Sinonim : Duwet
Nama Latin : Syzigium cumini (L.) Skeels., Eugenia Jambolana Lmk.
Nama Daerah : Jamblang, Dalas, Dhuwak atau Juwet
Klasifikasi Jamblang ;
Bangsa : Myrtales
Suku : Myrtaceae
Marga : Eugenia
Jenis : Eugenia cumini (L.) Decne.

Buah Jamblang mengandung minyak asiri, triterpenoid, alkaloid (jambosine), fenol (methylxanthoxylin), asam organic, resin yang berwarna merah tua mengandung asam elagat dan tanin.

Manfaat Buah Jamblang/ Duwet Untuk Kesehatan

Mengobati Batuk Rejang
Siapkan buah jamblang kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.

Mengobati Batuk Kronis dan asma
- Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih, buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari
- Sediakan buah jamblang kering (15g). masukkan ke dalam mengkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Mengobati Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada
Siapkan buah jamblang segar (30g, jika dipakai buah kering gunakan sebanyak 15g) dan daun sembung segar (Blumea balsamifera) (25 g). Cuci semua bahan, lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir (15g) dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya. Makan buahnya, tetapi bijinya dibuang. Setiap malam sebelum tidur

Mengobati Nyeri Lambung
Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.

Mengobati Sakit Diare pada anak
Siapkan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing 6g). masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Mengobati Sariawan
Rebus kulit kayu atau daun secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari

Sumber : Ensiklopedi Tanaman Obat Indonesia

0 Response to "Manfaat Buah Jamblang/ Duwet"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.