Pencak Silat | Seni Beladiri Warisan Leluhur

Bundakata - Pencak Silat adalah bagian dari kebudayaan masyarakat pribumi Asia Tenggara (Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang berdiri pada tahun 1948 di Surakarta.

Démonstration de Pencak Silat Team Indonesia


Pencak silat adalah olahraga bela diri tradisional warisan leluhur yang memerlukan banyak konsentrasi. Percampuran kebudayaan seperti Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam ikut mewarnai gerakan dalam pencak silat sehingga beberapa daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas yang menunjukkan kekayaan budaya masyarakat Indonesia dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya.

Misalnya Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan Jawa Timur ada aliran Perisai Diri.

Saat ini pertandingan pencak silat tingkat nasional digelar dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) dan dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987 yang berguna sebagai salah satu alat pemersatu bangsa, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa.

Pada 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) didirikan atas prakarsa Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang saat itu menjabat ketua IPSI. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Keempat negara itu termasuk Indonesia, ditetapkan sebagai pendiri Persilat.

Pencak Silat sekarang ini terdapat dan berkembang di 20 negara, yakni di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Belanda, Austria, Jerman , Belgia, Denmark, Swiss, Perancis, Yugoslavia, Spanyol, Inggris, Turki, Amerika Serikat, Suriname, Thailand, Filipina dan Australia.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat
http://www.tapak-suci.de/index.php?option=com_content&view=article&id=44&Itemid=2&lang=in

0 Response to "Pencak Silat | Seni Beladiri Warisan Leluhur"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.