Resep Lumpia Semarang ... Nyam-nyam banget!

Postingan pertama ini, bunda bingung mau nulis apaan ya? Iseng-iseng cari ide dengan search Google aja eh nemu resep lumpia Semarang. Ya bunda nulis ini aja deh ... secara bunda pernah tinggal di Semarang selama 3-4 tahun sebelum akhirnya pindah ke Jabodetabek karena harus mengikuti suami yang pindah tugas.

Resep Lumpia Semarang ini sebagai obat kangen saja pada Kota Semarang yang 'kaline banjir' dan kebetulan doeloe tempat tinggal bunda sering banget mendapat kiriman rob sehingga bunda harus rajin bersih-bersih rumah setelah air surut. Maklum, doeloe bunda tinggal di Semarang bawah dan dekat dengan laut sehingga air rob rajin berkunjung ke rumah bunda.

Resep Lumpia Semarang

Bahan:
20 lbr kulit lumpia siap pakai
Daun bawang cung

Isi:
75 gr udang cincang
75 gr ayam cincang
300 gr rebung, iris korek api
100 gr tauge
1 btg daun bawang, iris halus
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada
1 sdt gula pasir
1 btr telur, kocok lepas
Minyak goreng

Acar, aduk rata:
150 gr ketimun
10 bh cabai rawit
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt cuka

Saus:
2 siung bawang putih, cincang
50 gr gula merah
150 ml air matang
3 sdm tepung sagu, larutkan
1/4 sdt garam
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
2 sdm ebi
4 bh bawang merah
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk

Cara membuat lumpia semarang:
1. Buat isi: panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam dan udang, aduk sampai berubah warna. Tambahkan rebung, tauge, daun bawang, kecap manis, garam dan lada, aduk, masak hingga kering. Masukkan telur kocok, aduk-aduk, masak hingga kering, angkat, dinginkan.
2. Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm adonan isi, lipat kedua ujungnya lalu gulung dan rekatkan dengan putih telur.
3. Panaskan minyak, goreng lumpia sampai kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
4. Buat saus: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga layu, tambahkan air dan garam, rebus hingga mendidih, masukkan larutan tepung sagu, aduk, masak hingga mendidih dan kental, angkat

Untuk 8 buah lumpia semarang

Silahkan dicoba saja resep lumpia Semarang ini. Dijamin nyam-nyam untuk hidangan keluarga tercinta ... pasti kita akan semakin disayang anak dan suami karena pandai memasak. Hihihi

0 Response to "Resep Lumpia Semarang ... Nyam-nyam banget!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.