Baby Blues pun Bisa Picu Menurunnya Gairah Bercinta Wanita Usai Melahirkan

Baby Blues pun Bisa Picu Menurunnya Gairah Bercinta Wanita Usai Melahirkan

Jakarta, Setelah melahirkan, tak sedikit wanita yang mengalami masalah psikis terutama post-natal blues atau sering juga disebut baby blues. Baby blues yakni kondisi di mana ibu mengalami kesedihan atau kemurungan setelah melahirkan.



Menurut dr Irfan Mulyana Mustofa SpOG dari RSUD Leuwiliang Bogor, baby blues bisa saja memicu menurunnya gairah bercinta wanita pasca melahirkan. Meskipun, baby blues sendiri lebih mempengaruhi rasa 'penolakan' ibu terhadap kelahiran si kecil karena beberapa faktor seperti belum siap memiliki anak atau tidak ada dukungan dari keluarga.

"Tapi bisa juga dari kondisi psikis yang tak menentu akhirnya berpengaruh pada gairah seks si ibu. Apalagi kalau terjadi trauma saat persalinan biasanya akan ada respons sesaat si wanita jadi malas bercinta karena takut merasa sakit," terang dr Irfan saat dihubungi detikHealth, Jumat (4/4/2014).

Sementara itu, psikolog seksual Zoya Amirin, M.Psi, mengungkapkan perempuan yang gairah bercintanya menurun setelah melahirkan disebabkan perubahan hormon dan faktor lain. Apalagi, Kebanyakan wanita setelah melahirkan merasa tubuhnya tidak lagi menarik, tidak cantik atau gemuk.

"Yang bisa dilakukan suami adalah bantu istri merasa cantik dan seksi misalnya ajak olahraga bersama. Puji istri dan katakan Anda kangen melihat dia berpakaian seksi karena sebelum atau sesudah melahirkan ia tetap cantik," tutur Zoya.

Selain itu, pujilah istri dengan tulus dan tunjukkan rasa cinta padanya sehingga istri tahu Anda menginginkannya. Menurut Zoya, hal yang membangun romantisme seperti ini relatif membuat perempuan merasa nyaman dan seksi sehingga ia merasa lebih percaya diri dan mau bercinta.

"Perempuan sangat khawatir dengan body consciuos. Apabila hal itu menguasai pikirannya, maka gairah seksualnya akan menurun," kata Zoya.

0 Response to "Baby Blues pun Bisa Picu Menurunnya Gairah Bercinta Wanita Usai Melahirkan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.