Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula

BUNDAKATA - Jika ditanya, 'Apa Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula?' ... Tentu saja saya bingung jawabnya. Mari kita simak 1 per satu yaa ...
Sang Pemimpin
Sang Pemimpin
Diambil dari Yahoo! Answer
Sumber - http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090417014506AA3Hu7o
Pertanyaan :Apa tujuan dan manfaat pemilihan umum bagi pemerintah?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
yang pasti tujuannya bukan untuk buang-buang UANG, walau terkadang kita dapat melihat pemerintah sudah banyak mengeluarkan uang untuk proses barjalannya PEMILU! sementara kalo untuk pendidikan pemerintah mengeluarkan uang tidak sebesar itu....?
Pemilihan Umum (PEMILU), tujuannya agar masarakat dapat memilih dan mempercayai satu wakil rakyat yang dapat mewakili suara masarakat se indonesia. Pemilu terbagi menjadi beberapa bagian itu artinya settiap masyarakat berhak menentukan..! siapa yang pantas untuk mewakili masyarakat indonesia dalam menghadapi persoalan baik di dalam dan di luar negri.
baik & Buruk hasil kinerja pemerintah dalam 5 tahun kedepan setelah pemilu, itu adalah hasil masyarakat INDONESIA sendiri. karna kita telah memilih dan mempercayai orang yang telah kita pilih.
oleh karna itu manfaat dari PEMILU bukan dirasakan oleh pemerintah, tapi manfaat akan di rasakan oleh kita sebagai masyarakat yang menjalankan HAK nya dengan BAIK pada saat PEMILU ...!
materi referensi:
kita sebagai masyarakat sebaiknya mulai bisa menilai mana yang baik dan mana yang BURUK..! karna nasib negara kita untuk 5 tahun kedepan ada di tangan kita saat ini, mulai lah belajar dalam menilai ORANG yang akan mewakili suara kita..>!
Sumber - http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100426020535AA8RSG0
Pertanyaan : Untuk apa tujuan dari pemilu indonesia?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Pemilu atau pilkada yang bertujuan untuk memilih kepala daerah yang nantinya dapat merealisasikan kebijakan pro rakyat, kenyataannya pilkada hanya dipandang menguatkan ekonomi politik oligarkis. artinya, hanya orang-orang yang punya uang banyak atau dekat dengan orang-orang berduit yang mungkin terpilih. Akibatnya, ‘aspirasi’ yang paling pertama didengar oleh pejabat hasil pemilu atau pilkada adalah suara para pemilik modal atau penyandang dana kampanye. Sementara, kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat akan sangat sulit direalisasikan.
PEMILIH PEMULA
Pemilih pemula adalah mereka yang berusia  17 tahun pada hari pencoblosan atau yang sudah menikah dan tercatat dalam daftar pemilih tetap. Pemilih pemula dalam setiap even pilkada ini didominasi kalangan pelajar/siswa dan jumlahnya relatif besar. Pemilih pemula umumnya bersemangat karena akan mencoba kali pertama berpartisipasi. Minimal, mereka  datang ke TPS dan mencoblos pilihannya. (sumber - http://www.radarlampung.co.id/read/opini/50835-membekali-pemilih-pemula-pilkada)
Nah, diatas itu sedikit wacana tentang pemilu /pilkada dan pemilih pemula. Sekarang kita lihat kondisi dunia politik di Indonesia.

Dunia politik Indonesia diisi oleh banyak artis
Sumber - http://news.okezone.com/read/2012/11/14/339/718082/artis-dan-partai-politik-saling-memanfaatkan
Artis dan Partai Politik Saling Memanfaatkan
JAKARTA - Fenomena artis masuk ke dalam partai politik terus mengalir. Bahkan mereka tak segan-segan ikut mencalonkan diri menjadi pemimpin.
Melihat fenomena terjunnya artis ke dunia politik, Pengatam Politik Universitas Indonesia, Kamarudin menilai, artis dan partai politik saling memanfaatkan. "Ketika masuk ke dalam barisan partai, bukan soal partai memanfaatkan artis tapi artis juga memanfaatkan partai. Jadi saling memanfaatkan," kata dia kepada Okezone, Selasa (13/11/2012).
Saling memanfaatkan yang dimaksud Kamarudin yakni, partai politik mengunakan artis sebagai ikon lantaran ini mendongkrak popularitas partai. Tak bisa dipungkiri, sosok artis sangat dikenal luas di kalangan masyarakat.
Sementara, sang artis memanfaatkan partai politik sebagai panggung baru untuk mencari nafkah seiring munculnya artis-artis muda. "Kan yang lama-lama tersingkir, termakan usia. Kan mereka butuh lahan baru untuk kesinambungan nafkah. Mereka melihat salah satu lahannya di panggung politik," tuturnya.
Sehingga partai politik mengundang mereka untuk masuk ke dalam barisan partai, entah sebagai calon legislatif atau calon kepala daerah. Saat yang bersamaan, sang artis juga memberikan sambutan. "Jadi saling memanfaatkan," terangnya.
Ada beberapa oknum anggota DPR dan DPRD yang terlibat kasus korupsi
Sumber - http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/07/04/m6n818-ketua-dpr-korupsi-jadi-penyakit-di-dpr
Ketua DPR: KOrupsi Jadi Penyakit di DPR
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua DPR Marzuki Alie mengakui korupsi telah menjadi penyakit di DPR.
"Ada yang korupsi, saya sepakat. Korupsi jadi penyakit di DPR, saya sepakat," kata Marzuki saat acara "Merah Putih" kerja sama TVRI, RRI, LKBN ANTARA yang disiarkan secara langsung setiap Rabu malam.
Sistem pola rekrutmen serta jenjang karir tidak berjalan di beberapa partai politik
Sumber - http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/07/04/m6n818-ketua-dpr-korupsi-jadi-penyakit-di-dpr
Menurut Marzuki, anggota DPR dikirim oleh partai  padahal pola rekrutmen serta penjenjangan tidak berjalan di masing-masing partai. "Yang lolos adalah orang-orang yang punya banyak uang."
Jadi, kembali ke laptop ... Apa Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula? Saya enggak tahu jawaban real nya jika melihat informasi seperti di atas. 

Bagaimana menurut anda?

0 Response to "Manfaat Pemilu Bagi Pemilih Pemula"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.