Budaya Minum Teh

Bundakata - Teh adalah minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Saat ini Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia tetapi Konsumsi teh di Indonesia hanya sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun yang masih jauh di bawah konsumsi teh negara-negara lain di dunia.

Konon, tehberasal dari Negeri Cina. Pohon teh Cina (Camellia sinensis) pertama kali ditemukan di provisnsi Yunnan, bagian barat daya (South-West) Cina. Iklim wilayah tropis dan sub-tropis, dimana daerah tersebut terasa hangat dan lembab menjadi tempat yang sangat cocok bagi tanaman teh.

Tanaman teh terutama tumbuh di daerah tropis dan memerlukan curah hujan hingga 1000-1250 mm per tahun, dengan temperatur ideal antara 10 hingga 20 °C. Pohon teh mampu menghasilkan teh yang bagus selama 50 – 70 tahun.

Teh Cina pada awalnya memang digunakan untuk bahan obat – obatan (Abad ke-8 SM), itupun sudah berumur ribuan tahun riwayatnya. Orang – orang Cina pada waktu itu mengunyah teh (770 SM – 476 SM) mereka menikmati rasa yang menyenangkan dari sari daun teh. Teh juga sering kali dipadukan dengan ragam jenis makanan dan racikan sop.

Konsumsi budaya Cina akan kebiasaan minum teh pun menyebar, bahkan melekat erat pada setiap lapisan masyarakat di seluruh dunia.

Budaya minum Teh juga sering dikaitkan dengan kegunaannya untuk kesehatan. Teh hijau dan teh pu-erh sering digunakan untuk diet.

Teh mengandung sejenis antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh segar, kadar katekin bisa mencapai 30% dari berat kering. Teh hijau dan teh putih mengandung katekin yang tinggi, sedangkan teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi. Teh juga mengandung kafein (sekitar 3% dari berat kering atau sekitar 40 mg per cangkir), teofilin dan teobromin dalam jumlah sedikit.

Teh bisa dikonsumsi dengan menambahkan gula sehingga terasa manis atau tetap di rasa aslinya yaitu pahit yang menyegarkan.

0 Response to "Budaya Minum Teh"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.