Pembangunan New Tanjung Priok

Pembangunan pelabuhan The New Tanjung Priok oleh PT Pelindo II (Persero) menurut rencana akan dimulai paling lambat Agustus 2012 usai lebaran dengan dana investasi tahap pertama mencapai US$ 2,05 miliar.

Mega proyek ini harus segera dibangun untuk menampung beban pelabuhan Tanjung Priok yang jauh melampaui kapasitas pelabuhan. Namun, pembangunan pelabuhan The New Tanjung Priok tidak berjalan mulus sesuai rencana awal karena tanah milik Pelindo yang akan digunakan untuk area baru ini sekarang merupakan wilayah kumuh padat penduduk.

Wilayah Kalibaru yang akan menjadi 'pelabuhan elit internasional' The New Tanjung Priok dan diharapkan bisa menyaingi Singapura, saat ini masih jadi wilayah pemukiman nelayan yang padat penduduk.

Wilayah ini terdiri dari 15 RW dengan total area mencapai 75 hektar dan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 30.000 orang. Mayoritas penduduk Kalibaru berprofesi sebagai nelayan dan sisanya sebagai buruh pelabuhan, pedagang, dan petugas keamanan pelabuhan. Area ini adalah milik PT Pelindo II.

0 Response to "Pembangunan New Tanjung Priok"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.