Minuman Buka Puasa : Es Cincau | Es Camcau

Minuman Buka Puasa : Es Cincau | Es Camcau - Selain Es Pisang Ijo, buka puasa dengan minum Es Cincau tentu terasa menyegarkan. Apalagi Cincau dipercaya sudah lama mempercayai cincau bisa mengatasi berbagai keluhan penyakit dan mempunyai khasiat sebagai penurun panas badan, obat demam, obat panas dalam, obat sakit perut (mual), obat diare, pencegah gangguan pencernaan.

Kata cincau berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau adalah nama tumbuhan (Mesona spp) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Kita mengenal ada dua jenis cincau yaitu cincau hitam dan cincau hijau yang banyak diproduksi di Bandung, Jawa Barat. Orang Bandung menyebut cincau hijau sebagai camcau. Kini minuman es camcau Bandung sudah tersebar luas dan disukai oleh banyak orang di berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa.

Cara membuat cincau sangat mudah yaitu cuci daun cincau yang dipetik dari tangkai, direndam dalam air, diremas-remas, kemudian didiamkan selama 24 jam (sampai terbentuk agar-agar). Tujuan mendiamkan semalam adalah untuk memberi kesempatan pada hidrat arang mengikat air sebanyak-banyaknya. Cincau hijau dibuat dari daun cincau yang bernama latin Cyclea barbata L Miers.

Es cincau hijau merupakan salah satu jenis minuman segar favorit untuk berbuka. Diberi sedikit santan, sirop merah atau sirop jahe plus es batu. Hmm.. Rasanya kenyal segar dan manis.

Cara Membuat Es Cincau adalah:

Bahan:
- 500 gram cincau hijau, keruk dengan sendok
- 500 gram es serut

Bahan Kuah Santan:
- 600 ml santan dari 1 butir kelapa
- 3 lembar daun pandan, simpulkan
- 1/4 sendok teh garam

Bahan Sirup Gula Merah:
- 200 gram gula merah
- 100 ml air
- 1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

1. Kuah santan: rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.
2. Sirup gula: rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai kental. Angkat.
3. Sajikan cincau hijau bersama kuah santan, es serut, dan sirup gula.

Untuk 5 porsi

0 Response to "Minuman Buka Puasa : Es Cincau | Es Camcau"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.