Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi yang baru

Pangeran Salman (AFP/detik)
Sabtu (16/6/2012), Putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, pangeran Nayef bin Abdulaziz al-Saud wafat di Jenewa, Swiss, dalam usia 76 tahun. Pangeran Nayef, saudara tiri raja Abdullah dan menjabat sebagai menteri dalam negeri Arab Saudi sejak tahun 1975. Dikabarkan Nayef meninggal dunia karena sakit, namun tidak dijelaskan secara pasti penyakit apa yang dideritanya.

Setelah meninggalnya Pangeran Nayef maka Kerajaan Arab Saudi menunjuk Pangeran Salman bin Abdulaziz, 76 tahun, sebagai putra mahkota yang baru, sehari setelah Pangeran Nayef dimakamkan.

Mengutip dari CNN dan Reuters, Senin (18/6/2012), pihak kerajaan Arab Saudi telah resmi menetapkan Pangeran Salman sebagai putra mahkota yang baru. Pangeran Salman kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi dan merupakan saudara tiri Raja Abdullah, 89 tahun.

Saudi Press Agency memberitakan bahwa Pangeran Salman tetap memegang jabatan Menteri Pertahanan dan ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri untuk Raja Abdullah walaupun sudah menjadi putra mahkota.

Pangeran Salman adalah pengendali terbesar grup media di Arab Saudi dan dikenal moderat. Sejak tahun 1963 hingga tahun lalu, Pangeran Salman menjabat sebagai gubernur Riyadh, yang banyak berinteraksi dengan dunia pemerintahan asing.

0 Response to "Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi yang baru"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.