Gdansk, Kota Cantik di Polandia

EURO 2012 - Kota tua Gdansk di Polandia mempunyai banyak bangunan antik, terletak di tepian Laut Baltik di tepi sebelah selatan Teluk Gdansk. Gdansk menjadi kota terbesar di wilayah utara Polandia dengan jumlah penduduk sekitar 455.000 orang.

Dahulu, Gdansk adalah saksi sejarah pecahnya Perang Dunia II. Gdansk pernah diinvasi pasukan Jerman tetapi sekarang kota ini berhasil bangkit dari kehancurannya. Di awal abad ke-21, Gdansk berubah menjadi indah dengan berdirinya beberapa kafe dan toko di setiap sudut kota.

Kota tua Gdansk ramai dikunjungi wisatawan karena banyak bangunan megah dan elegan yang menarik perhatian turis. Situs Lonely Planet, Senin (11/6/2012) menyebutkan kalau Gdansk adalah kota paling indah di tepian Laut Baltik.

Salah satu bangunan unik yang berdiri di Gdansk adalah Schumann House yang dibangun oleh Hans Conert, seorang arsitek muda Polandia pada tahun 1560. Bangunan tua ini mempunyai hiasan patung Dewa Zeus tepat di atap rumah sehingga cukup menarik perhatian. Gang-gang sempit di Gdansk penuh dihiasi dekorasi unik.
Foto : socialvixen.com
Kawasan wisata yang paling terkenal di Gdansk berada di tengah kota,yaitu Long Market dengan posisi di antara Long Lane dan Green Gate. Ikon kota yang tak boleh dilewatkan dan menarik turis adalah air mancur Neptunus.
Foto : cruisereviews.com
Kota Gdansk menjadi salah satu tuan rumah perhelatan akbar Piala Eropa 2012 dan pada Minggu malam kemarin telah berlangsung pertandingan bola Spanyol versus Italia yang berakhir seri di PGE Arena, Gdansk, Polandia.

0 Response to "Gdansk, Kota Cantik di Polandia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.