Kesehatan Wanita | Awas Penyakit Keputihan!

ilustrasi
Kesehatan Wanita | Awas Penyakit Keputihan! - Bagi anda, semua kaum wanita, Bunda ingin mengingatkan soal Masalah keputihan yang bisa mengganggu kesehatan dan hubungan keluarga. Saat ini, bunda melihat banyak wanita yang tidak tahu soal keputihan dan sering menganggap enteng penyakit keputihan. Padahal, keputihan ini bisa berakibat fatal bila lambat ditangani.

Keputihan atau Fluor Albus adalah kondisi dimana cairan berlebih akan keluar dari organ kewanitaan vagina. Penyakit Keputihan dibagi menjadi 2 bagian yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan yang bukan merupakan penyakit (fisiologis) bisa terjadi pada setiap wanita. Biasanya cairan yang keluar bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal. Cairan keputihan ini jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, biasa terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, pada saat terangsang secara seksual atau ketika sedang stress. Terkadang gadis remaja mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi ketika cairan yang keluar sudah tidak bening, berwarna putih kekuningan, keabuan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, gatal dan jumlahnya lebih banyak, besar kemungkinan keputihan tersebut sudah tidak normal. Keputihan yang tidak normal disebabkan infeksi yang disertai rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Penyakit keputihan disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Jika tidak segera ditangani infeksi ini bisa menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Sebaiknya ketika anda menderita Keputihan harus segera diobati saat timbul gejala. Keputihan yang kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati jika dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian ke saluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian.

Cara mencegah keputihan:
  1. Menjaga kebersihan daerah vagina
  2. Membilas vagina dengan cara yang benar
  3. Jangan suka tukar-tukaran celana dalam menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya
  4. Jangan menggunakan handuk bersamaan ( suka tukar-tukaran handuk )
  5. Lebih berhati – hati dalam menggunakan sarana toilet umum
  6. Jalani Pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang
  7. Hindari gonta ganti pasangan seksual (seks bebas)
  8. Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim
Ingat selalu Kesehatan Wanita, Awas Penyakit Keputihan!

0 Response to "Kesehatan Wanita | Awas Penyakit Keputihan!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.