Tips Aman dan Nyaman Bepergian Naik Kendaraan Umum untuk Ibu Hamil

Jakarta - Saat ini, banyak wanita yang bekerja untuk membantu keuangan keluarga. Bahkan, ketika hamil besar pun mereka tetap bekerja meskipun harus menempuh perjalanan ke kantor yang cukup jauh dan menggunakan kendaraan umum.

Agar ibu hamil bisa merasa aman dan nyaman saat bepergian dengan kendaraan umum, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan seperti penuturan dokter kandungan dari RS Bunda Jakarta, dr Sita Ayu Arumi, SpOG saat dihubungi detikHealth, Kamis (17/4/2014):



1. Pakai alas kaki yang nyaman

dr Sita menyarankan pilihlah alas kaki yang longgar, nyaman, dan ber-hak pendek atau flat. Jika menggunakan sepatu yang ukurannya pas, kaki akan terasa sakit apalagi jika bagian depan sepatu tertutup bisa menimbulkan tekanan lebih pada jari kaki.

"Sebaiknya hindari high heels karena bisa membuat tulang dekat jari kaki tertekan dan terasa sakit. Sejak awal kehamilan hindari penggunaan sepatu hak tinggi, kalau mau gunakan yang heels-nya di bawah tujuh cm," terang dr Sita.

2. Selalu bawa air minum

Kebutuhan cairan wanita hamil minimal 2,5 liter sehari. Oleh karena itu dr Sita mengingatkan ibu hamil untuk selalu membawa air minum agar tidak dehidrasi. Apalagi Indonesia beriklim tropis dan penumpang kendaraan umum yang biasanya padat, akan membuat ibu hamil cepat lelah, merasa haus, dan lebih mudah dehidrasi.

3. Pakai baju yang nyaman

Usahakan oakai baju yang longgar dan berbahan katun supaya keringat bisa cepat terserap. Gunakan juga celana dengan karet di pinggang supaya perut tidak tertekan," papar dr Sita.

4. Bawa wangi-wangian

Meskipun sifatnya relatif, tak ada salahnya ibu hamil membawa wangi-wangian di tasnya seperti aromaterapi atau minyak wangi untuk mengantisipasi aroma di kendaraan umum yang bisa membuat ibu hamil pusing.

"Aromaterapi lebih ke relaksasi untuk ibu hamil karena ada beberapa wanita yang nggak tahan mencium bau-bauan di sekitarnya baik bau yang kurang sedap bahkan bau minyak wangi," tutur dr Sita.

Untuk relaksasi, ibu hamil juga bisa mendengarkan musik guna menghindari stres selama perjalanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan janin.

5. Bawa teman

Terutama saat usia kandungan di atas tujuh bulan, dr Sita sangat menyarankan ibu hamil untuk didampingi saat bepergian, misalnya teman yang tempat tinggalnya searah.

"Ini sebagai antisipasi kalau ada apa-apa si ibu bisa gampang cari bantuan," ujar dr Sita.

0 Response to "Tips Aman dan Nyaman Bepergian Naik Kendaraan Umum untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.