Cara Meningkatkan Pendapatan Bisnis Online

Bundakata - Bisnis online sudah menjadi pilihan bagi sebagian penjual karena kemudahannya menjangkau pasar konsumen yang besar. Ketika kita meng-upload barang dagangan di toko online maka seketika itu toko kita sudah mendunia. Display produk tinggal menunggu pembeli untuk pencetak transaksi penjualan.

Tetapi, apakah lalu bisnis online menjadi demikan mudah untuk dikerjakan? Ternyata tidak, banyak pebisnis online yang kecewa dan bingung ketika online shop nya tidak menghasilkan order pembelian. Mereka merasa rugi karena (mungkin) sudah mengeluarkan anggaran dana yang tidak sedikit, tetapi hasilnya minimalis bahkan nol rupiah. - http://bundakata.blogspot.com

Dari hasil surving ke beberapa blog tetangga, saya menemukan (mungkin) Kunci Sukses Membangun Toko Online' untuk 'Meningkatkan Pendapatan Bisnis Online' , yaitu:

1. Kepercayaan Pembeli: Identitas Penjual Toko Online harus jelas.
Pembeli di toko online tentu saja selalu berhati-hati dan waspada saat bertransaksi. Mereka tidak akan mudah untuk mengucurkan uang di online shop yang mencurigakan dan remang-remang.
Jadi, sebuah toko online wajib mencantumkan nama, alamat lengkap, alamat email, kontak, dan nomor telepon yang mudah dihubungi sehingga pembeli akan merasa berhadapan langsung dengan pihak penjual. Toko Online sebaiknya menyediakan costumer service yang selalu aktif melayani dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembeli. Terkadang ada beberapa pertanyaan detail produk yang harus didiskusikan sebelum pembeli memutuskan untuk order produk yang ditawarkannya.

2. Pakailah Top Lecel Domain (TLD) untuk Toko Online
Walaupun penggunaan Top Lecel Domain (TLD) pada online shop bukan syarat mutlak, tetapi setidaknya hal ini akan menambah nilai jual dan tingkat kepercayaan pembeli. TLD (tanpa sadar) akan menyatakan bahwa pihak penjual memang serius mengelola toko online nya karena mau berinvestasi untuk membeli nama domain, walaupun sebenarnya harga nama domain generik itu murah dan sangat terjangkau.
Beberapa kasus online shop memakai blog hosting gratis seperti blogspot dan wordpress, hal ini tetap bisa mencetak keuntungan. Tentu saja ada tips dan trik sendiri agar toko online tersebut dipercaya publik. Biasanya, sub domain gratisan selalu dipakai untuk penawaran terbatas dahulu kepada relasi bisnis baru langkah selanjutnya menyasar pasar konsumen umum yang lebih besar.

3. Pemilihan Produk Yang Unik dan Khas
Jika anda menjual barang umum, maka kemungkinan mendapatkan transaksi dari toko online sangat kecil karena pembeli hanya mencari referensi dan ulasan di toko anda sebelum akhirnya melakukan transaksi pembelian di toko offline terdekat. Barang yang mudah di dapatkan di sembarang tempat kurang cocok untuk dijual online kecuali anda bisa memberikan nilai tambah sehingga barang tersebut menjadi unik dan khas karena hanya tersedia di toko online milik anda.

4. Penentuan Harga Jual Yang Bersaing dengan Kompetitor
Banyak pembeli sering membandingkan harga produk tertentu di beberapa toko online. Kecenderungan yang terjadi adalah pembeli selalu berhemat membayar harga sebuah produk. Toko Online yang memasanga harga diatas harga pasar akan ditinggalkan konsumen kecuali toko tersebut bisa memberikan nilai tambah dan servis yang tidak ada di toko online kompetitornya. Sebaliknya, toko online yang menjual barang dengan harga terlalu murah di bawah harga pasar juga akan sulit mendapatkan konsumen karena mereka curiga, kawatir dan takut dengan modus penipuan berkedok toko online murah. Barang murah akan dicurigai sebagai barang palsu dan ilegal sehingga pembeli akan menyingkir.

5. Review atau Testimoni Pembeli
Jangan lupakan hal ini, pengalaman berbelanja dari pembeli lain akan menambah nilai jual dan menaikkan tingkat kepercayaan calon pembeli. Sebaiknya setelah berhasil melakukan transaksi, mintalah ijin dan kesediaan pembeli untuk menuliskan review / testimoni pengalaman berbelanja di toko anda. Tulisan yang jujur beserta plus minusnya akan membuat toko online anda lebih dipercaya calon konsumen.
Anda bisa saja membuat review dan testimoni palsu tetapi kalau hal ini diketahui orang maka dijamin toko online anda akan mendapat cap sebagai scam.

Itulah sedikit Cara Meningkatkan Pendapatan Bisnis Online, semoga bermanfaat
Baca : Belanja Baju Murah

0 Response to "Cara Meningkatkan Pendapatan Bisnis Online"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.