Resep Tradisional | Manfaat Buah Manggis

BUNDAKATA - Bunda ingat pelajaran jaman Sekolah Dasar yaitu saat disuruh bu guru membuat pantun. Sekarang bunda ingin mencoba berpantun ria ahh ...

Buah pisang
Buah manggis
Sudahlah sayang
Jangan menangis!

Hihihi ... pantun yang maksa banget karena bunda ingin menuliskan artikel yang berkaitan dengan Manfaat Buah Manggis.

Tahukah anda? Ternyata buah manggis atau Garcinia mangostana L mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lhoo. Buah Manggis cukup nekad karena mulai dari isi, biji bahkan sampai kulit-nya bisa membawa manfaat.

Buah Manggis terkenal akan kenikmatan rasa buahnya yang segar. Buah manggis merupakan jenis tanaman buah yang hanya tumbuh di daerah tropis. Pohon manggis biasanya dapat tumbuh mencapai ketinggian 7-25 meter dan merupakan jenis daun hijau abadi. Buah manggis sering disebut sebagai ‘Queen of Fruit’ atau ‘Ratu Buah’ karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara empiris kulit buah manggis telah digunakan dalam pengobatan penyakit TBC, Malaria, Penyakit kulit, Diare dan disentri. Manfaat buah manggis telah dibuktikan secara turun temurun sebagai obat resep tradisional. Beberapa Negara seperti Thailand, memanfaatkan buah manggis yang sudah dikeringkan sebagai bahan membuat shampo, sabun dan bahan kosmetik lainnya.

Uji laboratorium membuktikan bahwa kandungan buah manggis dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan tenaga, menjaga kesehatan jantung, membantu sistem kekebalan tubuh, membantu sistem pencernaan, merawat kesehatan rambut, mata dan kulit, serta penangkal radikal bebas.

Ternyata, semua ini disebabkan kandungan xanthones pada Buah manggis yang bisa mengobati dan mencegah berbagai penyakit mematikan seperti kanker, penyakit jantung dan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan otak.

Nah, ketika Anda berbelanja dan mengkonsumsi buah manggis, jangan dibuang kulitnya karena kulit manggis itu yang memiliki khasiat dan manfaat hebat. Kita bisa membuat sendiri seduhan kulit manggis, meskipun saat diminum rasanya agak pahit.

Caranya mudah, cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Mudah dikerjakan di rumah bukan?

Tetapi sebaiknya Anda harus tetap waspada dan berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan lain-lain yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.

Silahkan bertanya pada ahlinya atau belilah jamu / ramuan dari buah manggis yang sudah diawasi secara benar di laboratorium. Menurut bunda sih cara ini lebih aman dan nyaman untuk dikonsumsi.

# dikutip dari berbagai sumber

0 Response to "Resep Tradisional | Manfaat Buah Manggis"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.