Tuslah Angkutan Lebaran 2012

Bundakata - Salah satu kata yang akrab dan selalu muncul setiap perayaan hari raya seperti Lebaran Idul Fitri dan musim liburan sekolah adalah 'Tuslah Angkutan Umum'. Saya penasaran, Apa arti Tuslah?

Secara umum, tuslah berarti Kenaikan tarif. Kata Tuslah adalah kata serapan dari bahasa Belanda “toeslag” yang maknanya adalah pembayaran tambahan. Tuslah dalam Bahasa Inggris disebut : extra allowance; wage supplement; excess fare; extra charge on tickets.

Tuslah berkaitan dengan naiknya tarif angkutan umum baik darat, laut, dan udara karena ada lonjakan penumpang. Biasanya perusahaan armada angkutan melakukan ini ketika menjelang hari raya (H-7) dan H+7 maupun hari-hari besar lain. Tuslah biasanya diatur oleh Dinas perhubungan mengenai jumlah persentase kenaikannya.

Dalam ilmu ekonomi disebutkan adanya hukum supply-demand', ketika supply - ketersediaan barang dan jasa - terbatas jumlahnya tetapi demand - permintaan konsumen akan barang dan jasa - meningkat maka harga cenderung akan naik mengikuti pasar. Mungkin ini yang terjadi pada sektor usaha angkutan umum menjelang kebutuhan masyarakat terhadap jasa angkutan meningkat maka diberlakukan kenaikan tarif angkutan umum.

Secara resmi, pemerintah melalui instansi terkait tidak memberlakukan tuslah untuk tarif angkutan umum. Tetapi, sayangnya terkadang hal ini berbeda dengan praktek di lapangan. Artinya bahwa aturan pemerintah tersebut tidak dipatuhi oleh penyedia layanan jasa angkutan umum. Diberlakukan atau tidak diberlakukan tuslah, hukum pasarlah yang berkuasa sehingga tarif angkutan tetap saja naik bahkan mencapai lebih dari 50%. Dengan jelas, terlihatlah bahwa pemerintah kalah kuasa dibanding hukum supply-demand itu.

Menyambut lebaran 2012 ini, Dinas Perhubungan sudah menjelaskan tidak ada kenaikan tuslah transportasi di hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah. Dikutip by Bisnis Indonesia. = http://www.bisnis.com/articles/angkutan-lebaran-tertibkan-angkot-dinas-perhubungan-pastikan-tak-ada-tuslah

Apakah hal ini bisa diikuti oleh perusahaan jasa angkutan umum di lapangan? Silahkan anda lihat saja di lapangan.

0 Response to "Tuslah Angkutan Lebaran 2012"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.