Jual Beli Properti

Bunda mau bercerita sedikit soal pengalaman jual beli properti. Saat itu, bunda dan keluarga harus pindah ke Jakarta sehingga rumah di Jogja terpaksa dijual. Kami berencana mengambil kredit perumahan di pinggiran Jakarta sesuai dengan kemampuan kami. Hasil penjualan rumah di Jogja sebagian kami pergunakan sebagai Down Payment (DP) dan sisanya untuk biaya renovasi rumah baru yang akan ditempati oleh bunda dan keluarga.

Bunda tidak mau mengontrakkan rumah di Jogja karena berdasarkan pengalaman, rumah kontrakan akan mengalami kerusakan ketika dihuni oleh penyewa yang tidak bertanggung jawab. Terkadang, Biaya perbaikan rumah bisa melebihi uang sewa yang sudah diterima. Kalau hal yang begini ya namanya 'rugi bandar' boss ...

Bunda memutuskan memakai jasa agen properti karena mereka sudah berpengalaman dalam urusan jual beli properti disamping tentu saja memiliki jaringan yang kuat karena bunda berharap rumah di Jogja bisa segera laku terjual.

Ternyata betul pilihan bunda, rumah di Jogja bisa cepat laku dan prosesnya mudah tidak ribet karena semua urusan administrasi sudah diserahkan ke agen properti. Menurut bunda, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan sebagai pemilik atau penjual properti ketika memberikan kepercayaan kepada Agen Properti untuk urusan jual beli properti, yaitu :

  1. Kita bisa mendapatkan layanan yang akurat, pasti dan lebih terkontrol.
  2. Kita memperoleh informasi terbaru soal perkembangan area dimana properti berada karena berkaitan dengan harga atau nilai jual obyek properti yang kita miliki. Agen properti profesional akan memberikan penilaian yang obyektif dan bertanggung-jawab.
  3. Agen Properti mempercepat proses transaksi jual-beli atau sewa properti.
  4. Kita dimudahkan karena tidak perlu ribet dan harus meluangkan waktu dan tenaga khusus selama proses penjualan.
  5. Bisa mengurangi beban biaya yang tidak perlu.

Walaupun bunda sebagai pemilik/penjual properti harus menyisihkan uang komisi (marketing fee) sebesar 2,5% - 3,5% dari nilai jual ketika terjadi transaksi, bunda menganggap hal itu cukup fair karena mereka sudah bekerja maksimal menawarkan properti kita ke beberapa calon pembeli.

Itu sedikit pengalaman bunda ketika melakukan transaksi jual beli properti untuk rumah di Jogja. Semoga bermanfaat ...

0 Response to "Jual Beli Properti"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.